UNY dan SHNU Siapkan Talenta Unggul di Bidang Pendidikan

1
min read
A- A+
read

Deputi direktur SEAMOLEC (kiri), WR AK, Rektor SHU, dan Direktur UNESCO TEC

UNY siap melaksanakan implementasi kerja sama akademik dengan Shanghai Normal University (SHNU). Prof. Siswantoyo selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY melakukan diskusi tetutup dengan Rektor SNU pada hari kedua kegiatan UNESCO di Shanghai pada Selasa, 10 Oktober 2023 pukul 14.00 waktu setempat. Acara dihadiri oleh Rektor SHNU beserta direktur UNESCO Dr. Zhu, Deputi Direktur SEAMOLEC Yaya Sutarya, dan Staf Ahli Bidang Akademik.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut paparan Prof Siswantoyo sebagai keynote speech dalam acara yang diselenggarakan oleh UNESCO Tech. Rektor SNU menyambut baik peluang berkolaborasi dengan UNY melalui skema visiting professor, join kurikulum, join supervision, staf mobility, student exchange, serta publikasi bersama. “Paparan UNY membuat kami yakin untuk dapat membangun Pendidikan di masa depan bersama-sama” ujar Rektor SNU.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Yaya Sutarya selaku deputi direktur SEAMOLEC mengucapkan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan, serta segala fasilitasi pada program UNESCO sehingga delegasi dari Indonesia dapat secara optimal mengikuti program yang telah dirancang.

Selanjutnya, Prof. Siswantoyo menyampaikan perihal maksud dan kehadiran UNY untuk sharing, serta meningkatkan kualitas Pendidikan di level dunia, karena dihadiri oleh lebih dari dua puluh negara. “Pencapaian UNY saat ini harus berdampak besar terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, serta teknologi yang telah berkembang sangat cepat” papar Siswantoyo. Seluruh peserta sangat antusias dibersamai dengan transisi musim gugur yang suhunya sudah mencapai 19 derajat Celsius.

Meeting tertutup menghasilkan kesepakatan penting pada kedua belah pihak terkait dengan peningkatan mutu pendidikan, utamanya adalah UNY yang menghasilkan talenta unggul, guru-guru terbaik bangsa yang diharapkan menjadi agen perubahan di masa mendatang. Sebagai tindaklanjut pertemuan, perwakilan SHNU akan melaksanakan kunjugan balik ke UNY pada November 2023 untuk membahas implementasi kolaborasi pendidikan, meningkatkan jejaring internasional dan performa kinerja UNY di masa mendatang (IKU dan WCU) rangking. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja unggulan staf ahli bidang akademik (Publikasi, hibah, dan implementasi kerja sama).

Penulis: Faqih Ma’arif

Editor: Dedy

MBKM
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia