UNY Dukung Penerapan Kampus Hijau Greenmetric

1
min read
A- A+
read

Electric car di UNY

Dalam rangka mendukung kelestarian lingkungan, UNY terus mendorong pengurangan kendaraan masuk kampus di lingkungannya dengan menggalakkan penggunaan sepeda di lingkungan kampus. Hal ini sesuai dengan pemeringkatan kampus sedunia yang berbasis pada kinerja Kampus Hijau.

Menurut Ketua Tim Greenmetric UNY Prof. Didik Nurhadiyanto untuk mendukung hal tersebut maka dapat menggunakan sepeda untuk aktivitas transportasi antar unit di lingkungan kampus. “Misalnya dari rektorat akan ke fakultas maka dapat bersepeda” katanya, Sabtu (21/10). Secara terbatas UNY juga telah menyediakan sepeda pada titik tertentu yang dapat digunakan civitas akademika UNY untuk berpindah tempat. Selain itu UNY juga menyediakan shuttle bus untuk transportasi antar kampus dari Wates dan Gunungkidul ke Kampus Pusat UNY serta electric car untuk mobilitas dalam Kampus Pusat UNY.  

Selain dosen dan tenaga kependidikan, sejumlah mahasiswa juga telah melakukan hal yang sama yaitu menggunakan sepeda sebagai tranportasi mereka sehari-hari, bahkan dari tempat tinggalnya yang jauh. Salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Istianah juga menggunakan sepeda dari tempat kost di Condongcatur ke UNY setiap hari menempuh jarak 2,5 kilometer. Menurutnya dengan menggunakan sepeda selain menghemat pengeluaran trasnportasi bagi anak kost sepertinya, juga lebih menyehatkan tubuh karena sekaligus berolahraga.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) konsisten mengikuti UI GreenMetric World University Rankings sejak tahun 2016. Pada pemeringkatan tahun 2022, UNY menduduki peringkat 17 Indonesia dan 126 dunia.

Komitmen UNY terhadap kelestarian lingkungan hidup diwujudkan dalam beberapa inisiatif, seperti penggunaan sumber energi terbarukan, seperti panel surya dan biogas, penerapan sistem pengelolaan sampah yang meliputi pengomposan dan daur ulang, promosi transportasi ramah lingkungan seperti sepeda dan kendaraan listrik, pengembangan ruang hijau di kampus dan integrasi pendidikan lingkungan hidup ke dalam kurikulum.

Partisipasi UNY dalam UI GreenMetric World University Rankings merupakan kesempatan berharga untuk membandingkan kinerjanya dengan universitas lain di seluruh dunia dan untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Pemeringkatan ini juga membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan di pendidikan tinggi.

Selain mengikuti UI GreenMetric World University Rankings, UNY juga tergabung dalam Universitas Indonesia GreenMetric Network (UI GreenMetric NUS) yang merupakan jaringan universitas dengan berkomitmen dalam mengedepankan kelestarian lingkungan. Jaringan ini menyediakan forum bagi universitas untuk berbagi praktik terbaik dan berkolaborasi dalam proyek penelitian dan pengembangan.

Komitmen UNY terhadap kelestarian lingkungan merupakan cerminan misinya untuk menjadi universitas terkemuka dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Universitas berkomitmen untuk mengembangkan lulusan yang sadar akan tantangan lingkungan yang dihadapi dunia dan dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengatasi tantangan ini.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM