UNY Hasilkan Doktor Dual Degree dengan Abai KNPU Kazakhstan

1
min read
A- A+
read

Dr. Gulzhaina Kassymova, Ph.D bersama Rektor Abai Kazakh National Pedagogical University

Dr. Gulzhaina Kassymova, Ph.D diwisuda oleh Rektor Abai Kazakh National Pedagogical University (Abai KNPU), Bilyalov Darkhan Nurlanovich di Almaty Kazakhstan, Rabu (30/3). Wisuda ini merupakan program dual degree dengan program studi S3 PTK Universitas Negeri Yogyakarta. Wanita kelahiran Kazakhstan 24 Desember 1983 itu menyelesaikan progam doktor dual degreenya di UNY dan Abai KNPU selama rentang waktu 2017-2020. Dan sekarang dia mengajar di tiga perguruan tinggi yaitu Satbayev University, Abay University and Suleiman Demerel University.

Kaprodi S3 PTK UNY Prof. Bruri Triyono mengatakan kegiatan dual degree ini bertujuan mengembangkan daya saing mahasiswa sekaligus memberikan kesempatan berinteraksi dengan mahasiswa di luar negeri selain mendapat kesempatan belajar dan mempunyai pengalaman sosial budaya dalam pergaulan antar bangsa.

Abai KNPU adalah salah satu perguruan tinggi terbesar dan terkemuka di Kazakhstan, sebagai perguruan tinggi pendidikan. Perguruan tinggi ini memiliki 786 dosen dengan 54 orang doktor dan sejumlah profesor. Secara umum, kegiatan pendidikan di universitas ini sangat besar. Pengalaman para pemimpin dan tokoh masyarakat menempati tempat dan peran khusus dalam sejarah universitas, dan mereka telah memberikan kontribusi besar bagi perkembangan universitas. Abai KNPU memiliki plakat peringatan yang didedikasikan untuk para pendiri universitas yaitu Akhmet Baitursynov, Sanzhar Asfendiyarov, Oraz Zhandosov, Saken Seifullin, Baimen Almanov, Halel Dosmukhamedov, Kudaibergen Zhubanov, Ilyas Kabylov dan Alimkhan Ermekov. Abai KNPU juga telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di 23 negara termasuk 20 perguruan tinggi yang masuk TOP 500 of the Academic Ranking of World Universities (ARWU) seperti Cambridge University, University of Pennsylvania, University of Sussex, Beijing United University dan Sorbonne Paris Cité University. Ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu dan kemitraan untuk mencapai tujuan. (Dedy)

MBKM