UNY Siap Berkolaborasi Tingkatkan SDM Kabupaten Pelalawan, Riau

2
min read
A- A+
read

Bertempat di Ballrom Hotel UNY, Kamis (25/5) dilakukan Penandatanganan MoU dan Diskusi Peluang Implementasi Kerja Sama antara Universitas Negeri Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha  UNY mengatakan bahwa momentum ini bertujuan memperkuat kerjasama yang diwujudkan dengan penandatanganan MoU antara Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dengan Bupati Pelalawan, Riau Bapak H. Zuhri., juga dilakukan diskusi peluang implementasikan kerja sama yang dapat direalisasikan.

Bupati Pelalawan mengawali sambutannya mengatakan merasa tersanjung atas sambutan dari pihak UNY dan menyampaikan bahwa salah satu rahasia siswa kelas 2 dari Nusa Tenggara Timur yang berprestasi pada olimpiade Matematika tingkat dunia diantaranya adalah banyak membaca al kitab (Al Qur’an), banyak berdoa, dan makan daun kelor. Daun kelor banyak mengandung vitamin C, A, anti oksidan, dan mengatasi kanker, Disamping harga murah, mudah diperoleh terutama di kampung. 

H. Zuhri, mengatakan, “Semoga MoU ini betul-betul bisa menghantarkan Sumber Daya Manusia kabupaten Pelalawan lebih maju dan meningkat. Semoga semakin baik, maju berdasarkan visi misi lembaga. Kabupaten butuh penguatan, SDM semakin maju, dengan harapan bisa mengelola lembaga dengan baik.”

“Dengan adanya MoU ini mudah-mudahan warga Pelalawan diberikan kesempatan melanjutkan studi, kuliah di UNY, mohon kami bisa diberikan kuota khusus. Salah satu program untuk meningkatkan kualitas SDM kabupaten Pelalawan dengan memberikan beasiswa prestasi, beasiswa untuk masyarakat miskin, dan anak yatim, diberikan kesempatan melanjutan studi baik dari tingkat sekolah sampai ke perguruan tinggi. Harapannya kerjasama ini betul-betul membantu meningkat SDM Kabupaten Pelalawan,” kata Bupati Pelalawan.

Di samping itu Bupati Pelalawan mengatakan, “Kami juga siap berkolaborasi dengan program-program, penelitian diberbagai macam disiplin keilmuan, membuka diri demi kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Pelalawan, Riau,” pungkas Bupati Pelalawan.

Sedangkan Rektor UNY, menyampaikan selamat datang di kampus UNY, kampus yang sudah ber PTN-BH per Januari 2023. “Monggo terus dijalin silaturahmi, dan diaplikasikan melalui sinergis join research, atau pendampingan-pendampingan misalnya olahraga,” kata Rektor UNY.

“UNY siap memfasilitasi kesempatan melanjutkan studi lanjut  di UNY, apalagi program kerja Kabupaten Pelalawan sangat mulia yang memberikan kesempatan studi lanjut, dengan memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi, siswa miskin dan anak yatim. , muliakan tamu, optimalnya pertemuan agar mendapat rahmat dan barokah dari Allah SWT.” Rektor UNY mengakhiri sambutannya.

Bukti keseriusan Pamerintah Kabupaten Pelalawan Riau dalam menjalin kerjasama dan diskusi peluang kerjasama ini, Bupati Pelalawan mengajak Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Pengadilan Negeri, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Pedagangan dan Peridustrian, Kabid Ekonomi dan Kerjasama BAPPEDA, Camat Langgam, Camat Pelalawan, Camat Bandar Seikijang, Camat Buntut, Camat Teluk Meranti, Camat Ukui, Camat  Pangkalan Kuras, Camat Pangkalan Lesung, Camat Kerumutan, IPMI, dan para Protokoler.

Turut mendampingi Rektor dalam menyambut dan diskusi implementasi kerjasama, dari UNY diantaranya Ketua MWA, Ketua SAU, para Wakil Rektor, para Dekan, para Direktur dan Sekretaris, para Wakil Dekan RKSIU, Kepala dan Sekretaris Unit Admisi, Kepala Unit Sekolah Laboratorium, Kepala Pusat Pengembangan dan Pelayanan Pengujian, Kepala Sentra KI dan SNI, Kepala Pusat Unggulan IPTEK, Kepala Komite Etik, Sekretaris Inkubator Bisnis dan Inovasi Start-Up, Sekretaris Rektor, para SA WR, dan tamu undangan lainnya.

Penandatanganan MoU antara UNY dengan Pemerintah Kabupaten Pelalawan Riau berjalan lancar. Selanjutnya dilakukan diskusi antara kedua belah pihak.  Kegiatan yang dapat direalisasikan diantaranya penyediaan kuota untuk masyarakat Kabupaten Pelalawan melanjutkan studi di UNY, melakukan kajian untuk percepatan peningkatan prestasi siswa, fasilitasi dan kemudahan studi di UNY, penelitian bersama kedua belah pihak, pembinaan UMKM, pengembangan sistem informasi, dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki Kabupaten Pelalawan.

Penulis: Taufik Fahrudin
Editor  : Sudaryono

IKU