UNY Siap Menjadi UNESCO Tech Pertama di ASEAN

1
min read
A- A+
read

Pertemuan Direktur UNESCO Tech (kiri), Deputi direktur SEAMOLEC (kanan), dan WR AK UNY

UNY siap menjadi UNESCO Tech Pertama di ASEAN. Prof. Siswantoyo selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY melaksanakan pembahasan pembukaan UNESCO Tech pada hari ketiga kegiatan di Shanghai pada Rabu, 11 Oktober 2023 pukul 09.00 waktu setempat. Acara dihadiri oleh Direktur UNESCO Tech Dr. Zhu, Professor Hu selaku Vice Director UNESCO, Deputi Direktur SEAMOLEC Yaya Sutarya, dan Staf Ahli Bidang Akademik UNY.

Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan UNESCO dalam mengembangkan program pendidikan di level internasional. Dengan akan berdirinya UNESCO Tech di UNY, merupakan sebuah penghargaan yang tinggi bagi institusi, karena merupakan perwakilan pertama di ASEAN serta bagi perguruan tinggi di Indonesia. “Kehadiran UNESCO Tech akan menjadi pusat pembelajaran bagi tenaga pendidik, kependidikan, serta mahasiswa UNY untuk meningkatkan kualitasnya di level internasional“ ujar Siswantoyo.

Dalam kesempatan terpisah, Yaya Sutarya selaku deputi direktur SEAMOLEC sekaligus Atase Pendidikan dan Kebudayaan Senior mengucapkan selamat atas pencapaian UNY menjadi leading sector kegiatan UNESCO di tingkat ASEAN. “UNY akan berperan besar dalam menghadapi tantangan global dan permasalahan pendidikan dalam revolusi industry 5.0” tutur Yaya.

Rencana pembukaan UNESCO Tech di UNY akan dilaksanakan pada awal November 2023 yang rencananya akan dihadiri oleh tiga utusan dari UNESCO. Berbagai rencana kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) telah dirancang bersama dalam kurun waktu tiga tahun mendatang. Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja unggulan staf ahli bidang akademik (Publikasi, hibah, dan implementasi kerja sama).

Penulis: Faqih Ma’arif

Editor: Dedy

MBKM
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus