Wisuda UNY Periode IV Tahun Akademik 2023/2024

2
min read
A- A+
read

Rektor mewisuda lulusan

Universitas Negeri Yogyakarta menggelar Upacara Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2023/2024, Sabtu (25/5) di GOR UNY. Wisuda periode ini diikuti oleh 1.133 orang yang terdiri dari 26 orang Program Doktor, 273 orang Program Magister, 783 orang Program Sarjana, dan 51 orang Program Sarjana Terapan. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) meluluskan sejumlah 331 orang, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB) 161 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 169 orang, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik (FISHIPOL) 78 orang, Fakultas Teknik (FT) 106 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) 149 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 76 orang, Fakultas Vokasi (FV) 51 orang, dan Sekolah Pascasarjana (SPs) 12 orang.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengucapkan selamat dan sukses bagi para wisudawan yang merupakan representasi Indonesia dari ujung timur hingga ujung barat. “Sekian ratus wisudawan wisudawati pada hari ini menyandang prestasi terbaik, baik itu lulus tercepat, IPK tertinggi atau menyumbangkan prestasi dalam bidang penalaran, seni, minat khusus dan olahraga” ucap Rektor. Secara resmi para wisudawan telah diserahkan pada Ketua Umum DPP IKA dengan harapan bisa mikul dhuwur mendhem jero, memuliakan orang tua, negara dan bangsa, instansi yang mengirim bahkan memuliakan almamaternya. UNY juga menerima apabila para alumni ini ingin studi lanjut ke S2 atau S3.

Roro Wilis, S.Pd mewakili wisudawan menyampaikan sambutan. Menurutnya menjadi wisudawan bukan hal yang mudah namun perlu perjuangan. “Perjuangan yang sesungguhnya akan berlanjut di tengah masyarakat” katanya. Pengalaman perkuliahan yang dihadapi juga beragam, tidak mulus, tidak mudah namun semua harus dilalui dengan semangat pantang menyerah. Lika-liku menjalani perkuliahan menjadikan para mahasiswa lebih kuat, tangguh dan adaptif sehingga menjadi bekal dalam menjalani kehidupan.  

Dari 1.133 orang wisudawan, terdapat 8 orang berpredikat summa cumlaude (Dengan Pujian Tertinggi) terdiri dari 2 orang Program Doktor, dan 6 orang Program Magister. Selain itu terdapat 579 wisudawan dengan predikat cumlaude (Dengan Pujian) dengan rincian 17 orang dari Program Doktor, 144 orang Program Magister, 387 orang Program Sarjana, dan 31 orang Program Sarjana Terapan (D-IV).

Wisudawan peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 4.00 dengan predikat summa cumlaude sekaligus sebagai lulusan termuda dengan usia 26,41 tahun untuk Program Doktor diraih oleh Dr. Muhamad Ichsan Sabillah dari Program Studi Ilmu Keolahragaan S3 FIKK dan untuk Program Magister dengan IPK 4,00 dengan predikat summa cumlaude diraih oleh Frangky Kurniawan, M.Pd. dari Program Studi Pendidikan Bahasa Seni S2 FBSB . Wisudawan Sarjana dengan IPK tertinggi diraih oleh Roro Wilis, S.Pd. dengan predikat cumlaude dengan IPK 3,98 dari Program Studi Pendidikan Sejarah S1 FISHIPOL, sedangkan dari Program Sarjana Terapan IPK tertinggi diraih Nisa Ulfa Nurjanah, S.Tr.Ak. dari Program Studi Akuntansi D-IV FV dengan predikat cumlaude, IPK 3,92.

Wisudawan lulus tercepat untuk Program Doktor diraih Ronny Sugiantoro dengan masa studi 2,15 tahun dengan IPK 3,88 dengan predikat cumlaude dari Program Studi lmu Pendidikan Bahasa S3 FBSB. Program Magister diraih Aulia Ulfiana Firdausi, M.Pd. dengan masa studi 1,13 tahun, IPK 3,85 dengan predikat cumlaude dari Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga S2 FIKK; untuk Program Sarjana diraih Kenanga Kusuma Murdiyani, S.Pd. dari Program Studi Pendidikan Luar Biasa S1 FIPP dengan masa studi 3,49 tahun, IPK 3,90 dengan predikat cumlaude; sedangkan Program Sarjana Terapan dengan masa studi 3,57 tahun diraih Aniswara Dewi, S.Tr.T. dengan IPK 3,75 dengan predikat cumlaude  dari Program Studi Teknik Sipil D-IV FV.

Predikat Lulusan Termuda untuk Program Magister pada usia 22,64 tahun atas nama Syahfira Audiwinanda, M.Pd. dengan IPK 3,90, dari Program Studi Pendidikan Matematika S2 FMIPA dengan predikat cumlaude; Program Sarjana usia 20,65 tahun diraih Erliana Dewi Saputri, S.Pd. dengan IPK 3,81, dengan predikat cumlaude dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 FIPP, sedangkan untuk Program Sarjana Terapan usia 21,25 tahun diraih Fatma Ulfa Kamilia, S.Tr.T., dengan IPK 3,83, Program Studi Tata Boga D-IV FV dengan predikat cumlaude

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak