WORKSHOP MEMBUAT POSTER PENDIDIKAN DAN KOLEKSI MPI UNY

1
min read
A- A+
read

WORKSHOP MEMBUAT POSTER PENDIDIKAN DAN KOLEKSI MPI UNY

Di masa pandemi ini banyak museum yang tutup dan tidak menerima kunjungan sementara. Sementara itu proses edukasi harus tetap berjalan, Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan Duta Museum DIY terus melakukan edukasi dan inovasi terkait promosi museum dengan mengadakan acara Jumpa Sahabat Museum melalui berbagai kegiatan, sebagai solusi untuk tetap dapat mempromosikan museum dan memperkenalkan kepada masyarakat sehingga dapat mendekatkan masyarakat dengan museum khususnya MPI UNY.

Duta Museum Pendidikan Indonesia UNY memiliki ide untuk memperkenalkan museum dengan metode pendekatan penambahan skill atau kemampuan, contohnya dalam bidang desain yang akan sangat bermanfaat di era digitaliasi ini, dengan demikian Duta Museum Pendidikan Indonesia UNY membuat suatu kegiatan Workshop “Membuat Poster Pendidikan dan Koleksi Museum MPI”.

Pada hari kamis, 4 Maret 2021 lalu telah terlaksana sebuah kegiatan yang diinisiasi oleh Duta Museum untuk Museum Pendidikan Indonesia UNY yaitu Ayu Nuswantari, M.Pd., M.Sc. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang Bima Lt. 2 Dinas Kebudayaan DIY pada pukul 10:00 - 12:00 WIB, dan didanai oleh Dana Keistimewaan DIY tahun 2021.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan gabungan dari luring terbatas dan online, peserta yang dapat mengikuti luring terbatas sesuai dengan protokol kesehatan adalah 10 orang yang merupakan mahasiswa maupun umum diatas 17 tahun.

Kegiatan tersebut mengundang Prof.Dr. Trie Hartiti Retnowati, M.Pd selaku Kepala Museum MPI UNY dan ibu Nawung Asmoro. G., M.Pd selaku narasumber desain poster. Prof.Dr. Trie Hartiti Retnowati memberikan materi terkait dengan pengenalan Museum Pendidikan Indonesia UNY beserta dengan koleksinya, kemudian ibu Nawung Asmoro. G., M.Pd memberikan materi tentang desain poster dan melakukan live mendesain on the spot dilokasi, sehingga dapat disaksikan oleh seluruh peserta mulai dari langkah-langkah pemilihan gambar, pemilihan font hingga finishing poster.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut selain memperkenalkan museum kepada masyarakat juga merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam penambahan skill desain grafis.

Info dan foto lengkapnya beserta karya peserta dapat diakses di Instagram MPI UNY yaitu mpi.uny dan videonya dapat diakses di Youtube tasteofjogja disbud diy. Semoga museum semakin dicintai. Salam sahabat museum, museum dihatiku. (Hanafi)