Workshop Pengajuan Akreditasi Jurnal yang Belum Terakreditasi

1
min read
A- A+
read

Workshop pengajuan akreditasi jurnal

Bertempat di Innsade Hotel Maguwoharjo, Jumat- Sabtu, 11-12 Maret 2022, Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah (PPBI) LPPM UNY mengadakan workshop Pengajuan Akreditasi Jurnal yang Belum Terakreditasi, diikuti 80 peserta. Latar belakang kegiatan ini adalah sampai dengan tahun 2022, UNY memiliki 77 jurnal yang tersebar di 7 fakultas, 2 Lembaga, dan Pascasarjana, di mana sampai bulan Maret ini, 56 jurnal di antaranya telah terindeks Sinta (Science and Technology Index) dan 21 belum terindeks. Sebagai upaya mewujudkan visi UNY menjadi World Class University (WCU), Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah (PPBI) yang merupakan satu dari enam pusat di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) mempunyai peran vital untuk mendukung, mendorong, dan mendampingi jurnal UNY dalam meningkat kualitas pengelolaannya dengan target berindeks Scopus dan Web of Science (WoS) untuk jurnal-jurnal yang sudah terakreditasi, khususnya jurnal yang berada pada peringkat 1 sampai 3 (Sinta 1-3).

Target ini relevan dengan visi UNY menjadi WCU karena salah satu cara untuk mencapai visi tersebut adalah dengan meningkatkan publikasi internasional sivitas akademika (dosen dan maha­siswa) UNY dengan prioritas di jurnal bereputasi (terindeks Scopus dan/atau WoS) dibandingkan di prosiding terindeks Scopus atau WoS. Target peningkatan publikasi internasional sivitas akademika UNY tentu diharapkan juga disertai dengan peningkatan jumlah jurnal UNY yang bereputasi. Target tersebut bukan hanya tanggung jawab tim pengelola jurnal terkait dan tentu bukanlah pekerjaan yang mudah bagi tim pengelola jurnal terkait untuk mencapai target terindeks Scopus dan/atau WoS. Perlu ada dukungan dan pendampingan penuh dari berbagai pihak di lingkungan UNY, khususnya PBBI. Sehubungan dengan hal tersebut, PBBI berupaya memberikan dukungan dan pendampingan penuh kepada tim jurnal UNY, khususnya yang belum terindeks Sinta melalui pengadaan kegiatan workshop pendampingan, sehingga siap mengajukan akreditasi untuk terindeks Sinta.

Dihari ke 1 workshop dibuka oleh ketua LPPM, Prof. Syamsul Hadi, dilanjutkan workshop dengan pembicara bapak Syarief Fajaruddin, M.Pd (Research and Social Study Institute), Dengan judul Strategi Persiapan Submit Jurnal ke Arjuna. Setelah selesai pemaparan dilanjutkan dengan pemdampingan oleh Ibu Prof. Dr. Heri Retnawati. Untuk hari ke 2, Sabtu, 12 Maret 2022 dilanjutkan worksdhop dengan pembicara Tri Andi, M.Sc (Research and Social Study Institute) dengan judul Penyubmitan Jurnal ke Arjna. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal UNY yang belum terakreditasi agar siap untuk pengajuan akreditasi, menganalisis tahapan pengelolaan jurnal UNY yang belum terakreditasi agar siap untuk pengajuan akreditasi, menganalisis strategi pengelolaan jurnal UNY yang belum terakreditasi agar siap untuk pengajuan akreditasi. (Heri LPPM)