WORKSHOP RPS SEBAGAI PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA MAHASISWA

1
min read
A- A+
read

WORKSHOP RPS

Dalam rangka memandu mahasiswa untuk belajar agar memiliki kemampuan sesuai dengan CPL lulusan yang dibebankan pada mata kuliah, bukan pada kepentingan kegiatan dosen mengajar, Prodi S3 Dikdas PPs UNY menyelenggarakan Workshop RPS (Rencana Pembelajaran Semester). RPS atau dalam istilah lain merupakan dokumen program pembelajaran yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sesuai CPL yang telah ditetapkan, sehingga harus dapat dijalankan oleh mahasiswa pada setiap tahapan belajar pada mata kuliah terkait, buka Dr. Haryanto, M.Pd selaku Koorprodi Dikdas.

Pembelajaran yang dirancang dalam RPS adalah pembelajaran yang inti pembelajarannya berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning disingkat SCL). “RPS wajib ditinjau dan disesuaikan secara berkala sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi” tambah Haryanto lagi. Bentuk pembelajaran dalam RPS dapat berupa: kuliah, responsi, tutorial, seminar atau yang setara, praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, penelitian / riset, membangun masyarakat / KKN tematik, pertukaran mahasiswa, magang / praktek kerja, asistensi mengajar, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi / proyek independen, dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.

Adapun Metode pembelajaran berupa: diskusi kelompok,simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan. Haryanto menambahkan bahwa Model Pembelajaran dapat berupa Blended Learning maupun Flipped Learning. (ant)