WRITING CLINIC #SERI2: TEKNIK PENULISAN ARTIKEL JURNAL BEREPUTASI

1
min read
A- A+
read

WRITING CLINIC #SERI2: TEKNIK PENULISAN ARTIKEL JURNAL BEREPUTASI

Membuat karya ilmiah merupakan suatu keharusan bagi mahasiswa S2 dan S3 sebagai salah satu syarat yudisium di Universitas Negeri Yogyakarta. Artikel yang dibuat nantinya diharapkan dapat diterbitkan di jurnal bereputasi nasional maupun internasional. Tidak semudah lulus dari satu mata kuliah, banyak mahasiswa pascasarjana justru mengalami kendala pada saat menulis artikel. Kesulitan mahasiswa dalam menulis artikel tentu dapat mengakibatkan mahasiswa lulus lebih lama. Untuk menghindari hal ini, penting bagi mahasiwa untuk menguasai teknik-teknik dalam menulis artikel.

Dengan kondisi tersebut keluarga mahasiswa pascasarjana (KMP) membuat kegiatan webinar Writing Clinic berseri. Kegiatan ini mendapatkan antusias yang besar dari peserta terbukti dari jumlah peserta yang mendaftar di Writing Clinic seri 1. Dengan besarnya antusisme peserta di seri 1 menjadi latar belakang diadakannya Webinar Writing Clinic seri 2 dengan tema “Teknik Penulisan Artikel Bereputasi” pada tanggal 25 September 2021 pukul 15.30- 17.00 WIB. Webinar Writing Clinic seri 2 yang dihadiri oleh 115 peserta dilaksanakan melalui zoom meeting dan penanyangan live di kanal youtube KMP_UNY.

Webinar Writing Clinic dibuka oleh pembawa acara sekaligus moderator Miftahul Annisah S,Pd mahasiswa Pascasarjana prodi Pendidikan Teknologi Kejuruan. Prof. Dimyati selaku pendamping KMP UNY membuka kegiatan dengan menyampaikan pentingnya menguasai teknik-teknik menulis artikel agar lolos ke jurnal bereputasi. Dimyati juga mengingatkan agar peserta dapat konsisten mengikuti kegiatan Writing Clinic mulai dari seri 1 hingga seri 3 nanti.

Pemateri pada kegiatan ini merupakan salah satu Dosen di Universitas Negeri Yogyakarta Suprapto, Ph. D. Suprapto mengawali materi pada kegiatan ini dengan membahas mengenai motivasi menulis dan bagaimana membuat karya ilmiah yang bagus. Selanjutnya, narasumber menyampaikan mengenai ide penelitian yang bagus, tipe- tipe karya ilmiah secara singkat, struktur karya ilmiah secara umum. Kemudian berdasarkan struktur artikel ini beliau mulai mengupas mulai dari teknik membuat judul hingga membuat kesimpulan. Setelah sesi penyampaian materi maka dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa peserta menyampaikan pertanyaan melalui kolom chat yang kemudian ditanggapi langsung oleh narasumber. Di akhir sesi, Suprapto juga menyampaikan harapannya agar lingkungan seperti ini terus berlanjut sampai dengan praktik penulisan artikelnya. (asr/ant)