PRE-SERVICE TEACHER EDUCATION IN TAIWAN

1
min read
A- A+
read

PRE-SERVICE TEACHER EDUCATION IN TAIWAN

Program studi Pendidikan Dasar Pascasarjana UNY menghadirkan Prof Mei-Ying Chen dari National Chiayi University, Taiwan di tengah antusiasme mahasiswa angkatan 2019. Kuliah tamu bertemakan “Pre-Service Teacher Education in Taiwan” ini mengupas tuntas tiga strategi pelaksanaan pendidikan guru di Taiwan agar menghasilkan pendidik yang profesional, antara lain memerhatikan peraturan pendidikan guru, menggunakan platform untuk pembelajaran adaptif, dan mengadakan praktik pengajaran.

Pre-Service merupakan basis dari kurikulum pelatihan pendidikan guru yang dimaksudkan untuk memberikan para guru pengetahuan konten, keterampilan pedagogis dan sikap yang diperlukan untuk mengajar secara siswa secara efektif. Kegiatan ini merupakan pengalaman dimana guru-guru pre-service mengubah cara mereka mengajar menjadi praktik kelas profesional. Ini memberikan siswa kesempatan untuk mencari tahu, mencoba dan merefleksikan penyempurnaan dan seluk-beluk ruang kelas yang mencakup dimensi moral serta teknis pengajaran.

Kuliah tamu kali ini berjalan dengan interaktif dan komunikatif karena mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengungkapkan strategi pelaksanaan pendidikan guru di Indonesia yang ternyata banyak kesamaannya dengan pendidikan guru di Taiwan. Pada akhir sesi, Prof Mei-Ying menekankan kembali mengenai urgensi kurikulum dan instruksi yang sesuai dengan memerhatikan aspek kebudayaan, mendukung kecerdasan majemuk peserta didik, dan senantiasa memotivasi peserta didik agar semangat dalam belajar. (ant)