ASESMEN LAPANGAN PROGRAM STUDI TEKNIK MANUFAKTUR FT UNY

19
Jul
2021

Program Studi Teknik Manufaktur (S1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjalani Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi pada Jumat – Sabtu (16–17/07/2021). Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut adalah Dr.Eng. Widya Wijayanti, M.T., dari Universitas Brawijaya dan Dr.Eng Meifal Rusli, M.T., dari Universitas Andalas.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO dalam sambutannya meyakini bahwa kehadiran para asesor dapat memberikan pencerahan untuk kemajuan dan perbaikan kualitas pembelajaran. “Asesmen ini pasti akan memperkuat eksistensi Prodi Teknik Manufaktur untuk bisa tampil secara optimal sesuai dengan marwah Fakultas Teknik yang tiada henti menorehkan berbagai prestasi,” ujar Rektor UNY.

Sementara itu, Dr. Eng. Widya Wijayanti, M.T., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya selaku perwakilan BAN-PT akan menggali informasi dan melakukan konfirmasi terkait dokumen-dokumen yang sudah dikirimkan. “Dari proses tersebut harapannya kami juga bisa memberikan feedback positif untuk perbaikan kualitas program studi,” ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Dr.Eng Meifal Rusli, M.T. menekankan bahwa semua proses lebih pada klarifikasi terhadap data yang sudah disampaikan. “Kami pastikan bahwa semua akan berjalan seobyektif mungkin tanpa ada conflict of interst sedikit pun.

Setelah acara pembukaan, Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dalam presentasinya menyampaikan bahwa Program Studi Teknik Manufaktur (S1) merupakan salah satu prodi baru yang menekankan pada integrasi bidang perancangan produk, perancangan proses dan penerapan teknologi manufaktur.

Acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang III A dan Borang III B Fakultas dan Prodi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama. (hryo)

submitted by humas