FAKULTAS TEKNIK TAMBAH DUA GURU BESAR

14
Feb
2020

Universitas Negeri Yogyakarta akan mengukuhkan dua guru besar pada Sabtu (15/2) di Rektorat UNY. Kedua guru besar yang dikukuhkan adalah Guru Besar dalam Bidang Ilmu Teknologi Pangan Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, S.T.P., M.Si dan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pembelajaran Proses Pemesinan Prof. Dr. Ir. Dwi Rahdiyanta, M.Pd. Kedua guru besar tersebut berasal dari Fakultas Teknik. Dengan dikukuhkannya kedua guru besar ini UNY memiliki 151 orang profesor.

Mutiara Nugraheni adalah dosen pendidikan teknik boga di Fakultas Teknik. Mutiara Nugraheni menyelesaikan program sarjananya pada bidang ilmu Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian UGM, mendapat gelar magister pada bidang ilmu Magister Manajemen Agribisnis Fakultas Pertanian UGM dan mendapat gelar doktor bidang Ilmu Pangan Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Mutiara Nugraheni juga banyak menghasilkan karya ilmiah tingkat nasional maupun internasional serta memegang hak cipta pada beberapa video pembelajaran pangan.

Sedangkan Dwi Rahdiyanta kesehariannya adalah dosen jurusan pendidikan teknik mesin. Dwi Rahdiyanta menyelesaikan program sarjananya pada bidang pendidikan teknik mesin di IKIP Yogyakarta tahun 1985, mendapatkan gelar magister bidang pendidian teknologi dan kejuruan di IKIP Jakarta tahun 1992 serta memperoleh gelar doktor bidang pendidian teknologi dan kejuruan di Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2011. Konsistensinya dalam menekuni bidang pembelajaran proses permesinan menghasilkan beberapa karya ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional.

Kedua guru besar tersebut akan membacakan pidato ilmiah sesuai bidang ilmu masing-masing. Mutiara Nugraheni akan menyampaikan pidato ilmiah berjudul ‘Pengembangan Produk Berbasis Tepung Lokal Untuk Penguatan Ketahanan Pangan dan Derajat Kesehatan Masyarakat Indonesia’ sedangkan Dwi Rahdiyanta akan memaparkan pidato ilmiah berjudul ‘Tantangan Pembelajaran Pemesinan di Era Revolusi Industri 4.0’. (Dedy)

 

 

submitted by humas