PERKULIAHAN SISTEM DINAMIK 2

1
min read
A- A+
read

PERKULIAHAN SISTEM DINAMIK 2

Perkuliahan Sistem Dinamik 2, dengan mengundang dosen dari University of Utrecht, yakni Prof. Ferdinand Verhulst. Ferdinand adalah seorang matematikawan yang ahli dalam Dynamical Systems, Non Linear ODEs and PDEs, and Singular Pertubation. Perkuliahan tersebut diikuti oleh 9 mahasiswa dengan materi yang dibahas adalah Bendixons Criterion and Perturbation Theory. Perkuliahan tersebut dilaksanakan dalam bentuk tim dengan dosen pengampu mata kuliah, yakni Dr. Hartono, M.Si.

Verhulst mengkaji tentang perilaku dinamik sistem yang berbentuk persamaan diferensial biasa baik linear maupun tak linear dengan cara melakukan analisis kestabilan dan bifurkasi sistem Dilaksanakannya kegiatan Visiting Profesor ini bertujuan untuk menumbuhkan iklim akademis di lingkungan program studi, menambah wawasan para mahasiswa, dan mempererat kolaborasi antara dosen internal dengan dosen dari luar negeri, serta menunjang kegiatan yang menuju world class university.

Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu menganalisa kestabilan sistem dinamik linear dan tak linear, mahasiswa mampu menyederhanakan sistem dengan cara normalisasi dan pembentukan center manifol. Lalu mahasiswa mampu memahami dan membuktikan teorema untuk menentukan terjadinya bifurkasi dan jenis-jenisnya, kemudian mahasiswa mampu menganalisa kestabilan sistem dengan delay dan mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah real kedalam bentuk sistem dinamik

Nama-nama mahasiswa yang terdaftar pada perkuliahan Sistem Dinamik 2 adalah Diana Prastiwi, Aizza Zakkiyatul Fathin, Restu Widhi Laksana, Deden Hidayat, Eka Puspita Sari, Herlingga Putuwita Nanmumpuni, Ahmad Muhazir, Inggri Ramadhani Widigda, Farida Yesi Velani, Cinta Adi Kusuma Dewi, dan Aulia Nur Arivina. (sgm/ant)