UNY BERKOLABORASI DENGAN KEMENDESA PDTT DEMI MEMAJUKAN MASYARAKAT

30
Sep
2021

"Tentang bagaimana UNY mampu mendampingi secara intensif baik dari proses produksi sampai dengan tingkat pemasaran, hal tersebut bisa menjadi peluang untuk dijadikan dasar kerjasama dengan Kemendesa PDTT" Ucap Direktur Jenderal Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Ir. Eko Sri Haryanto, M.M. pada saat mengunjungi beberapa lokasi pengrajin di daerah Kulon Progo dan Bantul. Dalam proses pengerjaannya, masyarakat pengrajin melakukannya secara berkelompok sehingga dapat membangun keguyuban di masyarakat itu sendiri. Eko menambahkan "Apa yang ada disini bisa kita tularkan pada derah yang kurang beruntung seperti Papua dimana sebetulnya mereka memiliki potensi namun belum mampu mengembangkannya".

Kegiatan mengunjungi dan diskusi Dirjen Kemendesa PDTT ke desa binaan berlangsung pada hari Kamis (30/9) bersama UNY, dalam hal ini Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Prof. Dr. Siswantoyo, S.Pd., M.Kes. ikut mendampingi rombongan "Kami dari UNY menyambut gembira untuk kolaborasi dalam rangka mengimplementasi IPTEK yang dihasilkan oleh kampus, dibutuhkan oleh masyarakat kampung, dengan kolaborasi 5K yakni Kantor Kementerian, Kantor Pemerintahan Daerah level kabupaten, dan Kelurahan/desa, Kampus penghasil IPTEK, Komunitas industri sebagai mitra untuk meningkatkan kesejahteraan, semoga dengan jargon UNY membangun kerjasama, "Bersama kita bisa, Bersatu kita maju, Bermitra kita juara, Salam PRPK Gumregah menyongsong perubahan." tegas Siswantoyo.

Rombongan mengunjungi 2 lokasi yang berada di Kabupaten Kulon Progo, yakni Sain's Craft di Mentobayan Salamrejo, Sentolo, dan Batik Farras di Sembungan Gulurejo, Lendah. Sedangkan 2 lokasi selanjutnya berada di Kabupaten Bantul, yakni Sanggar Peni di daerah Krebet, Sendangsari, Pajangan, dan Desa Wisata Jamu Kliringan yang berada di Dusun Kliringan, Canden, Jetis, sehingga total ada 4 kelompok usaha di desa binaan yang dikunjungi.

Turut beserta rombongan, dari Kemendesa PDTT Direktur Penyerasian Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Dr. Sumarlan, S.Pd., M.Si., Direktur Penyerasian Pembangunan Sosial Budaya dan Kelembagaan, Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiarto, S.Si., M.Eng., dan dari UNY Prof. Dr. Nahiyah Jaidi Faraz, Drs. Darmono, M.T., serta tim pendukung lapangan Desa Binaan. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang kemitraan dan ekonomi (Prasetyo).

submitted by humas