UNY KUATKAN KERJASAMA DENGAN 33 PERUSAHAAN MITRA

19
Feb
2019

Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK) UNY bersama Pusat Pengembangan Karir (PPK) LPPMP UNY melakukan penguatan kerjasama dengan perusahaan mitra UNY, penguatan kerjasama yang diselenggarakan dalam bentuk gathering dihadiiri oleh 33 perusahaan mitra UNY, yang bergerak dalam bidang perbankan, bidang informasi dan teknologi, jasa dan argo, retail, serta manufaktur garment dan non-garment.

Prof. Dr. Margana, M.Hum, MA, Wakil Rektor I Bidang Akademik UNY yang hadir mewakili Rektor UNY mengatakan bahwa di era abad 21 dan industri 4.0 salah satu hal penting yang harus di jaga ditingkatkan adalah collaboration, sehingga kolaborasi antara UNY dengan perusahaan mitra yang ada di Indonesia merupakan hal yang sangat penting dalam rangka memajukan bangsa dan negara.

Margana menegaskan bahwa UNY Alhamdulillah sejak tahun 2017 menempati pada cluster 1 artinya berada pada perguruan tinggi yang terbaik pada urutan ke.10 kemudian pada tahun 2018 turun satu peringkat pada urutan ke.11 karena disini persaingannya sangat ketat dari 4.540 perguruan tinggi di indoensia, dan alhamdulillah UNY memmiliki 29.500 mahasiswa dari jenjang Diploma, S1, S2 dan S3. “Alhamdulilah  dari 106 program studi di UNY pada tahun 2019 bertambah menjadi 3 program studi non kependidikan, dan sesuai dari tagline UNY UNY diharapakan dapat mencetak alumni yang unggul, mandiri, inovatif, berdasarkan pada ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan, sehingga kerjasama UNY dengan perusahaan mitra sangat dibutuhkan untuk melanjutkan estafet dalam rangka menyiapkan dan mengisi generasi emas bangsa indonesia”, tegas Margana.

Ditambahkan oleh Margana bahwa pada tahun 2019 UNY sedang berbenah kurikulum, maka kami berharap dari pertemuan gathering ini dapat memberikan masukan pada UNY khususnya untuk merevisi kurukulum, sehingga harapan kami mahasiswa UNY dapat melakukan magang di perusahaan yang bapak/ibu pimpin sehingga lulusan UNY semiakin mantap dan berkualitas, dan juga nantinya diharapkan lulusan UNY dapat terserap di dunia industri atau formasi pekerjaan yang dibutuhkan sekarang dan bisa membangun bangsa Indonesia.

Dalam sambutannya mewakili Bachtiar Rifai, perwakilan perusahaann mitra UNY dari Volantis Teknologi mengatakan bahwa kolaborasi dan institusi merupakan lemen yang sangat penting untuk pengembangan untuk pengembangan setiap perusahaan maupun institusi, karena dengan kolaborasi memungkinkan perusahaan dan institusi memungkinkan pertukaran pengalaman, ilmu dan sumber dayanya, maka dari pada itu Volantis Technology dan para mitra dari perusahaan disini hadir untuk memperkuat peran UNY diranah global dan nasional .

“UNY sebagai salah satu universitas yang terdepan di Indoensia tentu memiliki kebutuhan untuk meningkatkan sumber dayanya, maka dari pada  itu penting sekali bagi institusi pendidikan sebesar ini untuk jaringan kerjasama yang kuat dengan berbagai industri untuk menyelaraskan apa yang diajarkan di universitas dengan kebutuhan di industri”, tambahnya Bachtiar Rifai.

Dr. rer.Nat Senam, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dalam sesi materi presentasinya mengatakan dengan adanya penguatan networking perusahaan mitra dengan UNY, universitas dan industri dapat mengembangkan hubungan yang saling menguatkan antar satu sama lain. “Kami mewakili salah satu pimpinan UNY mengajak berdiskusi dengan perusahaan mitra mengenai potensi kerjasama yang memungkinkan dilaksanakan antara UNY dan perusahaan mitra, sekaligus memperkuat jaringan kerja sama yang sudah terjalin”, kata Senam.

Senam, menambahakan  penandatanganan kerjasama antara UNY dengan beberapa perusahaan mitra ada yang dilakukan pada kesempatan acara gathering ini, dan ada juga yang menyusul, penandatanganann nota kerjasama bisa juga dilakukan dengan cara lain yaitu desk to desk, dimana seteleh komunikasi materi kerjasama akan dikirim dan ditanda tangani di kantor masing-masing, bisa ditandatangani oleh UNY terlebih dahulu maupun perusahaan mitra, dan ini dilakukan setelah memenuhi kesepakatan perihal kerjasama tersebut, ini merupakan cara terobosan baru yang kami lakukan utuk memudahkan kedua belah pihak. “Tetapi dari semua cara mekanisme MoU tadi yang lebih penting adalah implementasi kerjasama yang akan ditanda tangani”, tegas Senam.

Hadir dalam acara gathering UNY, sebanyak 66 0rang perwakilan dari 33 perusahaan mitra yang diundang, Wakil Rektor I, Wakil Rektor III, dan Wakil Rektor IV, jajaran Dekan-Dekan, Kepala Lembaga, Kepala Badan, dan Staf Ahli Bidang I dan IV di lingkungan UNY. (arbima)

 

Tags: 
submitted by humas