VIDEO PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE TGT

11
Feb
2019

Berbagai metode dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran IPS salah satunya menggunakan video pembelajaran sebagaimana dikembangkan oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY). Sekelompok mahasiswa Pendidikan IPS tersebut terdiri dari Atik Haryati, Devita Ariyati, Asri Mustika Sapitri, Fitriani Restuningsih, dan Dicky Muhammad Hidayat. Mereka mengembangkan Video Pembelajaran IPS menggunakan metode TGT (Team Game Tournament).

Atik Haryati menjelaskan bahwa metode TGT mencakup turnamen akademik dan kuis-kuis serta sistem skor dimana siswa berlomba dengan anggota tim lain yang kemampuan akademiknya setara. Metode ini cocok digunakan dalam penyampaian materi mengenai interaksi sosial. Peserta didik dapat memahami materi dengan mudah. Selain itu, video pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar karena materi disampaikan secara kreatif.

“Metode Pembelajaran TGT mempunyai banyak manfaat antara lain sebagai alternatif untuk menciptakan kondisi mengajar yang menyenangkan, membantu guru untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran seperti rendahnya minat belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa, melibatkan seluruh siswa dalam aktivitas pembelajaran, dan melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya.” jelas mahasiswa jurusan IPS angkatan 2016 tersebut

Atik menambahkan, langkah TGT antara lain presentasi guru yaitu penjelasan materi menggunakan power point secara singkat dilanjutkan dengan pembentukan kelompok dalam tim diskusi untuk mendiskusikan permasalahan yang diberikan. Langkah selanjutnya yaitu siswa melakukan turnamen atau games untuk mengumpulkan skor dan nilai terbaik. Tahap akhir dari langkah TGT adalah rekognisi, yaitu pembahasan hasil turnamen dan pemberian reward/penghargaan. (Eko)

 

 

submitted by humas