IKA UNY PEDULI BAGIKAN APD KE BEBERAPA RUMAH SAKIT DI YOGYAKARTA

1
min read
A- A+
read

Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta (IKA UNY) memberikan ratusan paket Alat Pelindung Diri (APD) ke sejumlah Rumah Sakit swasta di Gunungkidul, PKU Muhammadiyah Yogyakarta, dan di Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Jumlah APD yang didistribusikan sebanyak 500 baju hazmad, 500 pelindung wajah, dan 1000 masker.

Pemberian bantuan dibagi dua kelompok, kelompok Kota Yogyakarta dan Sleman dipimpin oleh Ketua IKA UNY, Prof. Suyanto, Ph.D., yang didampingi Dekan FIK, Dekan FE dan beberapa pengurus IKA UNY. Sedangkan di Kabupaten Gunung Kidul dipimpin langsung Rektor UNY, Prof. Sutrisna Wibawa, M.Pd., yang didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, serta beberapa pengurus IKA UNY.

Saat di RS PKU Muhammadiyah Wonosari, Kamis (04/06) Sutrisna mengatakan "ini adalah bentuk kepedulian IKA UNY terhadap faskes swasta, tenaga medis dan petugas garda terdepan penanganan covid-19 di Yogyakarta, dan mengapa yang dipilih adalah rumah sakit swasta, karena faskes swasta sangat membutuhkan, beda dengan rumah sakit pemerintah yang sudah ada anggaran dari pemerintah”. Di samping itu, dijelaskan pula bahwa APD yang dibagikan merupakan hasil patungan para alumni dari UNY.

Kepala Bagian Administrasi Umum dan Kepegawaian, RS PKU Muhammadiyah Wonosari, Guntur Bayu Murti menyambut baik bantuan yang diberikan IKA UNY tersebut. Guntur menyampaikan “pasokan APD di PKU Muhammadiyah Wonosari ini masih mencukupi, namun kami masih tetap membutuhkan bantuan tambahan, mengingat saat ini kami turut menangani pemeriksaan Rapid Test” jelasnya. Selanjutnya “akhir-akhir ini jumlah pasien reaktif yang ditangani di sini juga meningkat, bisa mencapai 5 hingga 7 orang dalam sehari," jelas Guntur. Ia pun menyatakan bantuan APD ini sangat bermanfaat bagi para tenaga medis. Sebab kondisi kesehatan mereka bisa lebih terjamin dan terlindungi saat melakukan pemeriksaan Rapid Test.

Selain RS PKU Muhammadiyah Wonosari, bantuan di wilayah Gunungkidul juga diberikan ke RS Nur Rohmah Playen, RSIA Allaudya Karangmojo, RS Panti Rahayu Karangmojo, serta RSU Pelita Husada Semanu. Puskesmas Bejiharjo juga mendapat jatah pembagian APD, namun penyerahan disampaikan di Balai Desa Bejiharjo. (Sud).