KKN-PK UPAYA PENGEMBANGAN POTENSI WILAYAH DAN POTENSI DIRI MAHASISWA

1
min read
A- A+
read

KKN-PK UPAYA PENGEMBANGAN POTENSI WILAYAH DAN POTENSI DIRI MAHASISWA

Situasi dan kondisi sampai saat ini masyarakat dunia sedang menghadapi Pandemi Covid-19, kondisi ini direspon UNY dengan langkah yang strategis, dinamis, dan adaptif dalam memberikan layanan terutama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Kependidikan (KKN-PK). Dalam rangka memberikan bekal pengetahuan bagi mahasiswa peserta KKN-PK, maka pada hari ini Rabu (07/07) dilaksanakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Kependidikan secara daring, baik melalui media Zoom Meeting maupun di Youtube unyofficial.

Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. selaku Rektor UNY menyampaikan bahwa kegiatan pada hari ini merupakan bagian dari komitmen UNY untuk mengawal kegiatan misi akademik dan juga kemanusiaan. “Sungguh kami mengapresiasi kegiatan saat ini, dan situasi kampus yang aman terkendali, namun kita tetap harus istiqomah, jaga prokes, sehingga kegiatan ini tetap berjalan dalam menghadapi pandemi Covid-19.”

Peserta KKN sebanyak 4610 mahasiswa, yang berlokasi di 4.492 tempat. Sedangkan peserta PK sebanyak 3.541 mahasiswa berlokasi di 28 provinsi, dengan sebaran international di Mekkah (1 lokasi), SD (173 lokasi), SMP (262 lokasi), SMA (294 lokasi), dan SMK (187 lokasi).

Pelaksanaan KKN-PK yang simultan merupakan salah satu alternatif yang efektif dalam memberikan layanan akademik kepada mahasiswa jalur kependidikan dan nonkependidikan pada masa Pandemi Covid-19. Program KKN-PK secara simultan pada masa Pandemi Covid-19 ini juga dapat diintegrasikan dengan penyelesaian Tugas Akhir Skripsi (TAS). Dengan demikian program ini merupakan porgram khusus yang juga akan diikuti dengan kemudahan prosedur layanan dan pengelolaan yang smart dan smile,” demikian dikatakan Prof. Dr. Margana selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNY.

Sehubungan dengan pencegahan dan mengurangi terjadinya penularan Covid-19, maka program ini dapat dilakukan di sekolah dan masyarakat di daerah asal mahasiswa masing-masing, baik secara individu maupun dalam kelompok kecil berdasarkan jarak lokasi tempat tinggal.

Margana juga menyampaikan,“Program KKN-PK secara simultan diharapkan dapat memberikan solusi layanan akademik di masa Pandemi Covid-19 ini, dan di sisi lain juga akan memberikan dampak positif dalam mengembangkan kreativitas, inovasi pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat yang diimplementasikan dalam aktivitas kegiatan dalam rangka turut serta mengembangkan potensi wilayah setempat menjadi  lebih baik dengan potensi yang dimilikinya.”

Disamping materi yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dengan tema kebijakan universitas pada program KKN dan PK dalam masa Pandemi Covid-19, juga disampaikan materi tentang bantuan penyelenggaraan program KKN dan PK oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd.

Tidak ketinggalan Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo juga menyampaikan materi tentang implementasi KKN dan PK dalam upaya mendukung kebijakan MBKM, yang dilanjutkan penjelasan tentang peningkatan kerja sama UNY dengan mitra dalam upaya mendukung pemeringkatan UNY oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Dr. Siswantoyo.

Sementara itu, paparan teknis KKN dan PK Universitas Negeri Yogyakarta dengan jelas disampaikan oleh tim dari Unit Layanan KKN-PK UNY. (Sud).