Kue Kering Emping, Cara Lain Mengolah Melinjo

1
min read
A- A+
read

Kue kering emping

Emping selain enak untuk kudapan juga dapat dimodifikasi menjadi kue kering. Hal ini dilakukan mahasiswa KKN UNY di Randukuning 2, Selang, Wonosari, Gunungkidul. Para mahasiswa tersebut adalah Vicky Danendra Aristawidya, Drawing Nanta Rachmad, Elizabeth Aprilina Hutabarat, Estri Mayang Kusumaningtyas, Farah Sharfina Zahirah, Gusti Chaka Vidya Putra, Mitha Kezia Septiani, Rency Anggitasani, Rifqi Areska Batara Aji dan Yuliana Susanti.

Menurut Ketua KKN UNY Randukuning 2 Vicky Danendra Aristawidya, pembuatan kue kering berbahan dasar emping ini karena di padukuhan tempat KKN banyak terdapat pohon melinjo. “Konon dulu disini banyak pengusaha emping” katanya, Senin (4/3). Sehingga mereka mengupayakan pengolahan melinjo dengan cara yang berbeda agar warga setempat mempunyai tambahan wawasan.

Penanggungjawab program kue kering emping Rency Anggitasani mengatakan, bahan yang dibutuhkan margarine atau mentega 72 gram, kuning telur 1 butir, krupuk emping 1 cangkir, tepung terigu protein rendah 110 gram, gula halus 60 gram, minyak goreng 100 ml, garam dan vanili secukupnya. Cara membuatnya, panaskan minyak dan goreng krupuk emping hingga matang. Setelah dingin hancurkan emping hingga halus yang diinginkan. “Sementara itu panaskan oven pada suhu 180 derajat Celcius dan tunggu hingga siap digunakan” ujar mahasiswa D4 Teknik Boga Fakultas Vokasi UNY tersebut. Lalu campurkan margarine, gula halus dan vanili hingga adonan mengembang dan berwarna kuning pucat. Tambahkan kuning telur, tepung terigu serta garam dan campur hingga merata. Masukkan emping yang telah dihancurkan dan campur rata. Adonan dibentuk bulat dan letakkan dalam Loyang yang telah diolesi margarine, tekan menggunakan jari. Panggang adonan kue kering selama 15-20 menit hingga matang dan kering lalu dinginkan serta simpan dalam toples.

Emping melinjo diketahui mengandung antioksidan yang berguna bagi kesehatan tubuh. Selain itu juga mengandung zat besi, fosfor, mangan, zinc, protein dan magnesium sehingga berguna pula untuk melindungi Kesehatan otak, melindungi ginjal, membantu pertumbuhan dan menjaga suhu tubuh, meningkatkan kesehatan kulit serta membangun otot.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus