MAHASISWA UNY RAIH BEST CREATIVITY DALAM SATRIA DATA

2
min read
A- A+
read

MAHASISWA UNY RAIH BEST CREATIVITY DALAM SATRIA DATA

Kreativitas adalah kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Selain itu juga berupa kemampuan seseorang melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Kreativitas berlaku pada semua lini termasuk pendidikan, bahkan juga pada bidang statistik. Seperti yang dilakukan mahasiswa prodi statistika Fakultas MIPA UNY. Mereka mendapatkan Best Creativity pada kegiatan Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) pada bidang lomba Statictic Infographic Competition akhir November ini. Para mahasiswa itu adalah Subkhan Hikmah Fitri, Angeliya Milla Khariyani dan Dave Prihadi Nagogo Rajagukguk.

Menurut Subkhan Hikmah Fitri dalam mengikuti Satria Data mereka diberi soal oleh panitia berupa data komoditas perikanan di Indonesia. Data tersebut meliputi negara dengan ekspor tertinggi, komoditas dan volume ekspor tertinggi. “Kami diharuskan membuat poster dari data tersebut yang ditampilkan menjadi informasi yang menarik” kata Subkhan. Menurutnya data tersebut diolah dalam tiga jenis diagram sesuai permintaan panitia yaitu diagram batang, garis dan lingkaran. Dijelaskannya bahwa untuk diagram batang mereka tampilkan menyerupai kapal yang merepresentasikan 5 negara dengan volume ekspor komoditas perikanan tertinggi pada tahun 2020, yaitu negara Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, Thailand dan Malaysia. Tiongkok merupakan negara tertinggi ekspor komoditas perikanan Indonesia, total ekspornya mencapai 422.564 Ton. Sedangkan negara kedua tertinggi yaitu amerika serikat dengan total ekspor sebanyak 238.390 Ton. Negara selanjutnya yaitu Jepang yang mencapai 99.767 Ton, Thailand 98.332 Ton, dan Malaysia dengan total ekspor sebesar 71.411 Ton. “Kami buat diagram batang ini menyerupai kapal agar tampilannya menarik, juga merepresentasikan bahwa kapal tersebut memiliki andil dalam ekspor komiditas perikanan” paparnya.

Angeliya Milla Khariyani menambahkan untuk diagram garis menjelaskan volume ekspor ketiga komoditas dari kelima negara selama 20 tahun terakhir. Jika dilihat secara keseluruhan, grafik yang disajikan terlihat memiliki trend naik. Dari grafik tersebut juga dapat dilihat bahwa udang dan rumput laut memimpin jenis komoditas perikanan dibandingkan dengan tuna tongkol. Pada tahun 2020 volume ekspor tertingginya yaitu udang namun udang dan rumput laut hanya memiliki selisih yang sedikit. “Agar eye catching maka diagram garis kami buat dalam tiga warna berbeda yaitu kuning untuk udang, putih untuk tuna tongkol dan hijau untuk rumput laut” kata Milla.

Sedangkan untuk untuk melihat bagaimana sebaran volume ekspor dari ketiga komoditas tersebut dibuatlah diagram lingkaran yang menjelaskan persentase masing-masing dari 5 negara terhadap 3 komoditas tertinggi pada tahun 2020. Menurut Dave Prihadi Nagogo Rajagukguk dalam diagram lingkaran tersebut juga terdapat warna yang mereprentasikan ketiga komoditas dan juga terdapat warna yang merepresentasikan negara, yaitu warna ungu untuk Amerika Serikat, biru tua untuk Tiongkok, orange untuk Jepang, biru muda untuk Malaysia,  dan kuning untuk Thailand. Dalam diagram lingkaran tersebut dapat dilihat bahwa pada tahun 2020 negara dengan volume ekspor udang tertinggi yaitu Amerika Serikat sebesar 69,10%. Sedangkan untuk ekspor rumput laut volume tertinggi pengirimannya yaitu ke negara Tiongkok sebesar 96,54% dan untuk komoditas tuna tongkol negara tujuan volume ekspor tertingginya yaitu Tiongkok sebesar 73,67%. “Agar lebih menarik dalam diagram lingkaran ini kami tampilkan bendera negara-negara tersebut” katanya. Tidak heran tim ini meraih kategori best creativity karena tampilan posternya terlihat atraktif dan eye catching.

Satria Data merupakan kegiatan skala nasional yang didukung Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang statistika dan sains data termasuk penerapannya. Terbagi dalam empat jenis lomba yaitu National Statistic Competition (NCS), Statistic Essay Competition (SEC), Statistic Infographic Competition (SIC) dan Big Data Challenge (BDC). Statistics Infographics Competition (SIC) adalah salah satu kompetisi di Satria Data dan Festival Sains Data yang dimaksudkan untuk mengubah informasi yang terkandung dalam topik yang telah disediakan, menjadi suatu infografis yang menarik dan komprehensif. hal ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan dalam hal pendidikan bermutu. (Dedy)