Mengenal Papan Susun Kata Standing, Media Belajar Efektif Karya Mahasiswi UNY

1
min read
A- A+
read

Media papan susun

Membaca permulaan merupakan jendela pembuka dunia membaca, sehingga perlu adanya media yang layak, efektif, dan menarik sehingga anak-anak berkesan dan mudah dalam belajar membaca permulaan. Dengan demikian pemahaman dan kemampuan siswa dalam membaca permulaan akan meningkat. Reza Silviana mahasiswi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, UNY membuat pengembangan produk media Papan Susun Kata pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca permulaan kelas I SD.

Penelitian dan pengembangan Papan Susun Kata dilakukan di SD Negeri Kebonrejo Temon Kulon Progo terhadap siswa kelas satu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ide Papan Susun Kata ditemukan ketika Reza melakukan observasi dan wawancara di SD Negeri Kebonrejo, dengan temuan kurangnya kemampuan siswa dalam membaca permulaan dan belum tersedianya media pembelajaran papan susun kata pada pembelajaran materi membaca permulaan.

Papan Susun Kata karya Reza, merupakan sebuah media cetak yang terbuat dari kayu dan didesain untuk membantu peserta didik terkhusus kelas satu dalam membaca permulaan. Perbedaan Papan Susun Kata dengan media yang lainnya yakni materi yang termuat sesuai dengan materi yang terkandung pada buku siswa Bahasa Indonesia kelas satu kurikulum merdeka. “Media Papan Susun Kata dikembangkan sesuai dengan kebutuhan sekolah dasar yang menginginkan media belajar peserta didik untuk belajar secara mandiri maupun dengan bimbingan guru” ucap Reza.

Design media papan yang dibuat mahasiswi kelahiran Kulon Progo tersebut juga berbeda dengan media papan lainnya. Dengan media visual papan berbahan kayu berukuran 50 cm x 40 cm yang salah satu papannya dilapisi flanel. Produk pengembangan berupa papan meja standing yang dilapisi timplate (plat seng) agar dapat dilekati magnet, dikombinasikan membentuk kotak kayu. Sehingga ketika kotak dilipat dapat menyimpan seluruh komponen pembelajaran, dan ketika dibuka dapat menjadi papan yang dapat ditempeli gambar dan huruf. Di dalam kotaknya dapat menyimpan flashcard, huruf dan gambar, serta buku petunjuk yang berisi petunjuk penggunaan media pembelajaran Papan Susun Kata. Keempat benda tersebut didesain menggunakan CorelDraw 2022, serta flashcard berisi gambar dan judul yang disusun menjadi sebuah frasa.

Menurut guru dan siswa SD Negeri Kebonrejo, penelitian dan pengembangan media yang dilakukan mendapatkan hasil dan respon yang positif. Berdasarkan hasil penilaian, respon guru dan siswa kelas satu pada kategori kualitas media, isi dan tujuan, serta manfaat produk menunjukkan pada kategori “sangat praktis”, sehingga layak untuk digunakan. Dengan demikian media Papan Susun Kata untuk pembelajaran kemampuan membaca permulaan layak dan praktis digunakan pada siswa kelas satu. Reza yang saat ini tengah menempuh Pendidikan Profesi Guru menekankan bahwasannya, media yang ia ciptakan dirancang sedemikian menarik agar anak-anak berkesan dan mudah dalam belajar membaca permulaan. 

Penulis: Ayu Puspita N, Ahmad Najiullah S

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus