FIP Karya Mahasiswa

HAND SANITIZER ALAMI DAN MASKER TIE DYE UNTUK CEGAH COVID

Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan perilaku masyarakat dalam menjaga kesehatan untuk mencegah penularan penyakit. Salah satunya dengan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. Masalah yang timbul adalah harga pembersih tangan tersebut yang bagi sebagian masyarakat tidak terjangkau.

VR-CLASROOM MEMBUAT BELAJAR DARING MENYENANGKAN

Pembelajaran daring menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan akses pendidikan dengan memanfaatkan teknologi. Kegiatan pembelajaran daring yang praktis belum tentu seefektif di dalam kelas konvensional atau tatap muka. Tidak efektifnya kegiatan pembelajaran daring yang diterapkan dapat menimbulkan berbagai dampak dalam proses pembelajaran. Salah satunya ialah siswa cenderung kurang konsentrasi dan kurang memperhatikan materi yang disampaikan, dikarenakan tidak adanya pengawasan secara langsung oleh guru.

TINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI REMAJA DENGAN SELF CARD

Percaya diri penting bagi remaja karena merupakan prediktor terbaik bagi keberhasilan seseorang di masa depan. Rasa percaya diri juga penting agar remaja memiliki sikap positif terhadap diri sendiri dan lingkungannya, tidak menggantungkan diri pada penilaian orang lain, serta memiliki kemandirian untuk mencapai apa yang diinginkan. Namun pada kenyataannya, tidak semua remaja memiliki rasa percaya diri. Banyak remaja akhir yang belum mendapatkan kepastian tentang masa depannya sehingga menganggap masa depan mereka tidak jelas atau bahkan suram.

ASPIRASI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN JARAK JAUH DI KAMPUNG RAMAH ANAK

Sebagai sebuah pandemi Covid-19 mampu melumpuhkan bidang pendidikan yang membuat sekolah, perguruan tinggi dan kegiatan akademik yang melibatkan interaksi  ditunda bahkan dibatalkan. Pendidikan Indonesia pun menjadi salah satu yang terdampak dan mengharuskan adanya transformasi yang harus disesuaikan dengan keadaan yang sedang terjadi. Covid-19 menuntut beberapa kampus dan sekolah mulai menerapkan kebijakan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh atau kuliah online.

DAMPINGI KORBAN PELECEHAN DENGAN E-KONSELING BERBASIS GAME

Kekerasan seksual rentan terjadi pada remaja dengan kasus terbanyak berupa pelecehan. Kelompok yang paling rentan mengalami kasus tersebut yakni remaja disabilitas intelektual. Hal tersebut sejalan dengan pendapat bahwa kerentanan yang terjadi pada remaja disabilitas intelektual bukan hanya dipengaruhi kondisi keterbatasannya saja tetapi dipengaruhi juga oleh kurangnya jaminan perlindungan yang memadai dari lingkungan sosialnya.

MITIGASI BENCANA GEMPA BAGI ANAK TUNA RUNGU

Indonesia merupakan negara yang terletak di khatulistiwa yang diapit dua benua dan dua samudera. Kondisi ini menjadikan Indonesia rawan bencana alam utamanya gempa bumi, tidak terkecuali di DIY. Selain itu DIY juga terletak di tengah pulau Jawa yang berhadapan dengan zona subduksi atau zona pertemuan antar dua lempeng tektonik yang terletak di bawah dasar Samudra Hindia.

KEBIJAKAN BOARDING SCHOOL DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER

Boarding school merupakan suatu kebijakan yang sudah sangat popular di Indonesia. Kehadiran boarding school di Indonesia menjadi model pendidikan yang efektif dalam mendidik kecerdasan, ketrampilan, pembangunan karakter dan penanaman nilai moral pada peserta didik sehingga anak akan menjadi lebih tahu tentang nilai kebenaran, kejujuran, kebajikan, kearifan, serta kasih sayang sebagai nilai universal yang dimiliki agama.

MINI DIORAMA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH

Selama ini pendidikan sejarah dalam mata pelajaran IPS di sekolah dasar identik sebagai pembelajaran yang membosankan di kelas. Penggunaan media yang digunakan oleh guru hanya berupa buku paket, atlas, globe yang mana media tersebut sudah umu digunakan. Teknik pembelajaran lebih banyak bertumpu pada pendekatan berbasis guru yang monoton, dan meminimalkan partisipasi peserta didik.

KETERAMPILAN SELF COMPASSION BAGI RELAWAN BENCANA

 KETERAMPILAN SELF COMPASSION BAGI RELAWAN BENCANA

Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di kawasan rawan bencana. Berbagai bencana alam sering melanda Indonesia, mulai dari gempa bumi, tsunami hingga gunung meletus. Sekelompok mahasiswa UNY terdiri dari Nurul Dwi Afiyani (Psikologi 2017), Claravianike Fitrismayanti (Psikologi 2017), dan Tasya Puspa Nabila (Psikologi 2016) prihatin dengan kondisi relawan yang terjun ke wilayah bencana. Tiga mahasiswa dari jurusan psikologi tersebut lantas mengenalkan pentingnya keterampilan self compassion kepada para relawan bencana.