Peluncuran Program Pelatihan Bahasa dan Budaya

1
min read
A- A+
read

Bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY, Rabu (13/3) Unit KKN, PK, PI dan Magang UNY menyelenggarakan Peluncuran Program Pelatihan Bahasa dan Budaya Jepang, Jerman, dan Inggris.

Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WR AK) saat membuka program pelatihan ini berpesan kepada para peserta yang akan KKN, PK, PI dan Magang UNY ke luar negeri harus menjadi ambassador budaya Indonesia dan harus paham visi UNY yaitu menjadi universitas kependidikan berkelas dunia yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan, maka pelajari berbagai ragam budaya Indonesia dan juga tentang ke-UNY-an.

“Peserta KKN, PK, PI dan Magang UNY harus lolos dari program pelatihan bahasa dan budaya ini. Ketika nanti di luar negeri pun harus disiplin dalam bekerja, jalin komunikasi yang baik, attitude yang baik, dan yang terpenting harus membawa nama baik UNY,” kata Prof. Siswantoyo.

Pada kesempatan itu pula, Kepala Unit KKN, PK, PI, dan Magang UNY Dr. Yudanto menyampaikan bahwa pada tahun 2024, Universitas Negeri Yogyakarta melalui Unit KKN, PK, PI, dan Magang memiliki program peningkatan keahlian bahasa asing, yaitu Bahasa Jepang, Jerman, dan Inggris. Program sepenuhnya didanai UNY, yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa yang memiliki minat untuk berkarir atau Praktik Industri (PI), Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan magang di luar negeri. 

Dr. Yudanto menambahkan bahwa penting bagi UNY untuk memfasilitasi mahasiswa yang memiliki minat dan motivasi untuk melaksanakan PI/PKL/Magang di luar negeri, seiring dengan besarnya peluang di luar negeri. Berdasarkan hasil evaluasi tahun 2023, cukup banyak peluang magang di luar negeri, seperti di Malaysia, Hongaria, Australia, Jerman dan Jepang, namun banyak mahasiswa yang tidak lulus seleksi interview karena kendala bahasa asing.

“Pelatihan tidak hanya mencakup kompetensi bahasa, tetapi juga budaya. Hal ini penting untuk meminimalisir Culture Shock mahasiswa UNY di luar negeri, Sebagaimana hasil evaluasi Program Internship Internasional di Jepang tahun 2023,” urai Dr. Yudanto.

Dr. Yudanto menambahkan bahwa, “Animo mahasiswa cukup tinggi pada Program Pelatihan Bahasa dan Budaya ini, ditandai dengan jumlah pendaftar yang mencapai 823 mahasiswa. Namun harus diseleksi karena menyesuaikan dengan dana yang dianggarkan untuk honor pengajar. Peserta Bahasa Jepang, Jerman, dan Inggris berjumlah 221 mahasiswa dari 80 Program Studi dan 8 Fakultas.”

Program Pelatihan akan dilaksanakan selama 3 bulan (13 Maret - 13 Juni 2024), dengan jumlah pertemuan 2 kali per pekan pada waktu sore atau malam hari (di luar waktu perkuliahan reguler). Pelatihan didominasi dengan cara daring melalui zoom meeting, beberapa kali luring untuk penguatan pembelajaran budaya. 

Sementara itu, Program Pelatihan diampu oleh 3 orang yang kompeten dan berpengalaman, yaitu Stefani Yosa, S.S. (kelas Bahasa Jepang), Inday Madani Putri, S.Pd. (kelas Bahasa Jerman), dan Wahyu Anugraheni (kelas Bahasa Inggris).

Pada akhirnya, peserta Program Pelatihan Bahasa dan Budaya ini diharapkan menjadi kandidat kuat untuk mengisi rekrutmen PKL/Magang di luar negeri yang ditawarkan oleh mitra UNY atau program-program internasional lain yang relevan. 

Penulis: Sudaryono
Editor: Prasetyo

IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus
IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional