Pencak Silat Indonesia Hadir di INDONEX Nairobi

1
min read
A- A+
read

Prof. Siswantoyo bersama pesilat di Nairobi

Delegasi pencak silat Indonesia ikut menyemarakkan agenda Indonex 2023 yang berlangsung di Nairobi, Kenya. Acara ini dihelat di Trademark Hotel, Nairobi, belum lama ini. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Siswantoyo sekaligus mewakil Pencak Silat Indonesia mendapatkan sambutan hangat dari Duta Besar RI Dr. Mohamad Hery Saripudin beserta jajarannya.

Penampilan Pencak Silat dilaksanakan pada pukul 13.00 waktu setempat sampai 16.00, acara diawali dengan sambutan oleh Duta Besar. KBRI Nairobi mengucapkan terima kasih atas kehadiran delegasi Indonesia yang dapat hadir pada Indonex, “Sebuah sejarah panjang pencak silat dapat hadir di tingkat internasional untuk dapat mewarisi budaya Indonesia“ ujar Mohamad Hery Saripudin.

Sementara dalam kesempatan terpisah, Prof. Siswantoyo yang juga merupakan wakil ketua umum IPSI menyatakan bahwa acara ini adalah salah satu peluang emas bagi Indonesia untuk mempromosikan warisan budaya hingga ke pelosok Afrika. “Pendekar disini luar biasa, dengan bermodalkan Youtube, mereka dapat belajar secara mandiri meskipun masing-masing perguruan belum memiliki ikatan khusus satu dengan lainnya” papar Siswantoyo.

Dalam waktu dekat, UNY akan mengirimkan utusan pencak silat sebagai pelatih di Nairobi dalam rangka mengembangkan program kerja sama antara UNY, KBRI Nairobi, dan Pencak Silat yang ada di Nairobi.

Penulis: Faqih M

Editor: Dedy

MBKM