Polda DIY Gandeng UNY Laksanakan CAT

1
min read
A- A+
read

Nanang Djunaedi meninjau pelaksanaan tes

Kepolisian Daerah (Polda) DIY menggandeng UNY dalam rangka Uji Akademik Seleksi Terpadu Polri Tahun Anggaran 2023 Panitia Daerah DIY yang berlangsung sejak 23 Mei hingga 7 Juni 2023 di UPT TIK. Menurut Karo SDM Polda DIY Kombes Pol. Nanang Djunaedi, S.I.K, M.M. kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam seleksi ujian Computer Assisted Test (CAT) akademik dalam rangka mencari calon anggota Polri. “Rangkaiannya dimulai dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, psikologi dan CAT akademik selama empat hari di UNY” kata Nanang Djunaedi, Senin (29/5) di UPT TIK UNY. Dikatakannya bahwa dalam empat hari tes CAT akademik itu, hari pertama tes matematika, hari kedua wawasan kebangsaan, berikutnya tes Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang dibagi dalam empat gelombang per harinya.

Sekretariat seleksi Polda DIY Kabag Dalpers Biro SDM AKBP Bowo Gede Imantio, S.I.K, M.H. mengatakan bahwa UNY digunakan sebagai lokasi tes CAT karena jaringan internetnya sangat baik dan lancar serta fasilitasnya cukup bagus. Jalur seleksinya ada beberapa diantaranya Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), Bakomsusnakes (Bintara Kompetensi Khusus Tenaga Kesehatan), Bintara Brimob, Bintara Polair, Tamtama Brimob dan Tamtama Polair. “Tes ini berlangsung serempak secara nasional” kata Bowo Gede Imantio “Kami gunakan UNY karena fasilitasnya memadai, termasuk gensetnya yang bisa menyala dalam waktu 10 detik apabila terjadi mati listrik”.

Polda DIY dalam kegiatan ini membagi menjadi tiga bagian yaitu CAT Akpol, CAT Bintara dan CAT Tamtama. Calon Taruna Akpol ujian akademik dilaksanakan pada Kamis dan Jumat 25 - 26 Mei 2023 dengan mata ujian hari pertama matematika dan wawasan kebangsaan serta hari kedua diujikan Bahasa Inggris dan pengetahuan umum. Jumlah peserta Calon Taruna Akpol 61 orang, 57 pria dan 4 wanita. Calon Siswa Bintara ujian akademik dilaksanakan pada Senin hingga Kamis 29 Mei hingga 1 Juni 2023 dengan mata ujian hari pertama : matematika, hari kedua : wawasan kebangsaan, hari ketiga : Bahasa Inggris dan hari keempat : pengetahuan umum. Jumlah pesertanya 1001 orang terdiri dari 961 pria dan 40 wanita. Sedangkan Calon Siswa Tamtama ujian akademik dilaksanakan pada Selasa - Rabu 6 - 7 Juni 2023 dengan mata ujian hari pertama : matematika dan wawasan kebangsaan serta mata ujian hari kedua : Bahasa Inggris dan pengetahuan umum. Jumlah pesertanya 80 orang yang terdiri dari 77 pria dan 3 wanita. Hasil tes dapat dilihat langsung setelah ujian berakhir sehingga para peserta tahu berapa skor nilai yang didapatkannya.

Perbedaan Bintara dan Tamtama adalah pada kepangkatan, dimana setelah lulus sekolah selama 5 bulan di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) maka Bintara mendapat gelar kepangkatan setara Brigadir Polisi II. Sedangkan Tamtama sebagai prajurit Bhayangkara II. Salah seorang peserta, Andhika Fadhil Rachmat berharap dapat diterima pada seleksi yang dilakukan Polda DIY ini. Peserta asal Polres bantul tersebut mengaku sudah melakukan beberapa persiapan mengikuti tes diantaranya mempelajari soal-soal tes yang lalu serta belajar melalui beberapa media.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak