Rapat Koordinasi Pembinaan Kompetensi Pranata Humas

1
min read
A- A+
read

Para narasumber

Dalam rangka membangun koordinasi antara instansi pembina dan instansi pengguna jabatan fungsional pranata hubungan masyarakat, terutama upaya implementasi regulasi dan kebijakan dalam pembinaan kompetensi jabatan fungsional pranata hubungan masyarakat, Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan Kompetensi Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat bagi pemangku JFPH dan pembina kepegawaian di seluruh Kementerian/Lembaga dan Daerah. Kegiatan berlangsung di Hotel Westin Surabaya, Senin (30/10). UNY berpartisipasi dengan mengirimkan pranata humasnya dalam rakor tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Infomatika Provinsi Jawa Timur Sherlita Ratna Dewi Agustin mengatakan pranata humas adalah ASN yang diberi tugas untuk tanggung jawab untuk melaksanakan tugas khususnya dalam rangka branding pemerintahan. “Karenanya kami sangat menyambut baik kegiatan pada hari ini. Akan lebih baik apabila pembinaan peralatan rumah lebih sering diadakan sehingga pranata humas lebih andal dan lincah dalam melaksanakan tugasnya” katanya.

Menurut Dirjen Informatika dan Komunikasi Publik Dr. Usman Kansong acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi pranata humas agar terwujud pejabat pranata humas yang profesional. “Pranata humas menjadi fondasi penting dimana masyarakat dapat berpartisipasi dalam pemerintahan” ujar Usman Kansong. Dikatakannya bahwa informasi adalah hak azasi manusia karena informasi dapat memecah ketidakpastian. Prinsip dasar dalam komunikasi pemerintahan adalah keterbukaan informasi publik dengan kewajiban mempublikasikan informasi berkala setiap saat dan serta merta, namun dengan pengecualian akses pada informasi yang membahayakan atau privasi individu.

Pemateri rakor ini adalah Pranata Humas Kominfo Asriana Sri Wahyuni dan Firmansyah yang memaparkan tentang rencana pembinaan kompetensi dan jabatan karir Jabatan Fungsional Pranata Humas. Sedangkan Pranata Humas Kementerian PANRB Yunda Kartika yang menyampaikan tentang regulasi jabatan fungsional pranata humas. Kegiatan diikuti oleh 56 orang secara luring dan lebih dari 300 orang secara daring.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono