UNY AKAN SELENGGARAKAN WISUDA VIRTUAL, 54,56% CUMLAUDE

2
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta pada hari Sabtu, 28 November 2020 kembali akan menyelenggarakan wisuda program Doktor, Magister, Sarjana, dan Diploma. Pelaksanaan wisuda masih menggunakan luring dan daring (virtual), hal ini menurut Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd., karena di masa Pandemi Covid-19 harus melaksanakan Protokol Kesehatan dengan ketat. "Untuk menghindari penyebaran Covid-19 secara nasional dan di Yogyakarta masih tinggi, serta demi keamanan dan keselamatan semuanya (warga UNY, panitia, peserta, maupun keluarga wisudawan), itulah mengapa kita memilih wisuda dilaksanakan secara daring atau virtual" kata Setyo.

Menyinggung tentang pelaksanaan wisuda secara virtual ini, Setyo menjelaskan, “Akan disediakan 8 host untuk zoom meeting yaitu di 7 Fakultas dan 1 Pascasarjana, sedang di Auditorium UNY sebagai pusat menyiarkan wisuda secara luring. Nanti gabungnya itu mereka masuk di host fakultas dan pascasarjana. Pada saat acara inti wisuda itu, mereka secara live streaming mengikuti dari  masing-masing host fakultas atau dari rumah masing-masing”

“Pemindahan kucir saat wisuda akan ada perwakilan sejumlah 18 perwakilan. Perwakilan ini dipilih yang terbaik di fakultas per jenjang, dengan catatan tinggal di Yogyakarta, bila terbaik pertama berasal dari luar Yogya, maka akan dipilih berikutnya berdasarkan rangking berikutnya,” kata Setyo.
Pada wisuda periode ini diwisuda sebanyak 1.545 orang dengan rincian: 13 orang Doktor (S3), 199 orang Magister (S2), 1.223 orang Sarjana (S1), dan 110 orang Diploma (D3). Sebaran menurut unit kerja: Pascasarjana sebanyak 56 orang, FIP sebanyak 233 orang, FBS sebanyak 314  orang, FMIPA sebanyak 266 orang, FIS sebanyak 180 orang, FT sebanyak 198 orang, FIK sebanyak 172 orang, dan FE sebanyak 126 orang. Diantara peserta yang akan mengikuti wisuda besok sebanyak 843 orang (54,56%) meraih  cum laude (dengan pujian), terdiri dari: S3 sebanyak 10 orang, S2 sebanyak 131 orang, S1 sebanyak 644 orang, dan D3 sebanyak 58 orang.

Wisudawan peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi: Program Doktor (S3) adalah Sdr. Dr. Suhendar dengan IPK 3,98 (cum laude), dari program studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan; Program Magister (S2) adalah Sdri. Nilam Cahya Nugraheni, M.Pd. dengan IPK 3,99 (cum laude), dari program studi Pendidikan Biologi; Program Sarjana (S1) adalah Sdri. Yasinta Wulandari, S.Pd. dengan IPK 3,90 (cum laude), dari program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial; dan program diploma (D3) adalah Sdri. Deni Nurhayati, A.Md.Akt., dengan IPK 3,87 (cum laude), dari program studi Akuntansi. Dari keempat peraih IPK tertinggi ini yang akan mengikuti wisuda luring di UNY hanya Sdr. Nilam Cahya Nugraheni, M.Pd. yang karena tinggalnya di Semanu Yogyakarta.

Wisudawan Lulusan tercepat : Program Doktor (S3) dengan masa studi 2 tahun 11 bulan diraih Sdri. Dr. Cahyaningsih dengan IPK 3,86 (cum laude), program studi Manajemen Pendidikan; Program Magister (S2) dengan masa studi 2 tahun diraih oleh Sdr. Putut Yhudha Mahardi, M.Pd., IPK 3,93 (cum laude), program studi Ilmu Keolahragaan; Program Sarjana (S1) dengan masa studi 3 tahun 7 bulan diraih Sdri. Em-ha Choiruttamimi Muisma, S.Pd., IPK 3,30 (sangat memuaskan), program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga; Program Diploma (D3) dengan masa studi 2 tahun 2 bulan diraih Sdri. Martyana Afifah Noor Fajriani, A.Md.Akt. IPK 3,59 (cum laude) dari program studi Akuntansi.

Sedangkan Predikat Lulusan Termuda pada wisuda besok Sabtu.  Program Doktor (S3) usia 35 tahun diraih Sdr. Dr. M. Anas Thohir dengan IPK 3,95 (cum laude), program studi Ilmu Pendidikan; Program Magister (S2) usia 23 tahun 7 bulan diraih oleh Sdri. Ela Yuliana, M.Pd., IPK 3,90 (cum laude) program studi Ilmu Keolahragaan; Program Sarjana (S1) usia 20 tahun 7 bulan diraih Sdri. Aulia Nailurrohmah, S.Pd., IPK 3,81  (cum laude) program studi Pendidikan Matematika; Program Diploma (D3) usia 20 tahun 08 bulan  diraih Sdri. Rini Astuti, A.Md.Akt., IPK 3,57 (cum laude), program studi Akuntansi. Peserta wisudawan lulusan tercepat dan lulusan termuda pada masing-masing jenjang ini, besok Sabtu akan mengikuti wisuda melalui daring dari tempat tinggalnya masing-masing. (Sud).