UNY Gelar Bincang Kemitraan Seri III

1
min read
A- A+
read

Bincang kemitraan

UNY menggelar Bincang Kemitraan Seri 3 yang digelar di Gedung Sugeng Mardiyono Pascasarjana pada Senin, (9/10). Kegiatan bertema Penguatan Sinergitas antara Perguruan Tinggi dan DUDIKA dalam Mewujudkan Generasi Muda Berjiwa Entrepeneur untuk Menyongsong Era Society 5.0ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta dari kalangan pengusaha muda DIY.

Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, Inovasi dan Usaha UNY Prof. Margana mewakili Rektor UNY mengatakan bincang kemitraan ini diharapkan dapat menjalin Kerjasama antara universitas dan dunia kerja. “Kami mohon kepada para pimpinan dunia usaha-dunia industri dapat memberikan kesempatan magang di perusahaannya bagi mahasiswa. Selain itu para pengusaha bisa menjadi praktisi masuk kampus” kata Margana. Tujuannya untuk meningkatkan ekosistem yang sesungguhnya yang dilakukan oleh praktisi dunia usaha-dunia industri dengan kampus sehingga terjadi transformasi pengetahuan sebagai bekal mahasiswa untuk menjadi entrepreneur muda. Seiring dengan UNY PTNBH maka Rektor telah menginisiasi adanya generating income sehingga mitra usaha dan industri menjadi faktor yang strategis yang harus ditumbuhkembangkan dalam rangka transformasi tersebut. Kedepannya akan dijadikan mitra sejati untuk menumbuhkembangkan para mahasiswa untuk menjaga NKRI sehingga  tidak didominasi oleh pengusaha dari luar.

Dalam kegiatan yang bertujuan untuk mensinergikan dinamika kampus Universitas Negeri Yogyakarta dengan industri sebagai mitra kerja sama sekaligus mendokumentasikannya, juga menampilkan dua pembicara yaitu Ketua Bidang I Bidang Organisasi HIPMI DIY Fajartudin Achmad Muharom dan Pengusaha Muda Pariwisata Dr. Yudan Hermawan. Fajartudin menyampaikan materi tentang keorganisasian sedangkan Yudan Hermawan menyampaikan materi tentang program wirausaha merdeka gagasan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman antara UNY dengan HIPMI DIY. Kegiatan ditutup dengan diskusi implementasi kerja sama terkait Program Wirausaha Merdeka Tahun 2023 antara UNY dan Mitra Magang.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus