UNY Gelar Pengabdian untuk Ibu-Ibu PKK Imogiri Bantul

1
min read
A- A+
read

Kegiatan PKM di Imogiri

Pandemi Covid-19 berdampak bagi perekonomian penjual kecil yang tergabung dalam grup PKK Kelurahan Imogiri. Sejak tahun 2021, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Pengembangan Wilayah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bekerjasama dengan PKK Imogiri Bantul mengadakan pelatihan pemasaran digital. Tahun ke-2 ini, tim pengabdian UNY berfokus pada mengoptimasi pengelolaan toko online.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan tiga tahap. Tahap pertama, pendampingan pembuatan logo toko online. Tahap kedua, pelatihan optimasi dan pendampingan luring. Tahap ketiga, pendampingan optimasi secara daring. Kegiatan pendampingan dimulai dari pembuatan logo toko yang dilaksanakan oleh enam mahasiswa D4 Administrasi Perkantoran UNY. Tim mahasiswa yang diketuai oleh Nadalia Silmi Fatinah membuat 12 logo baru, dimulai dari review identitas hingga menciptakan logo dimulai dari Senin (23/05) hingga Sabtu (28/05).

Acara puncak, yaitu pelatihan dan pendampingan optimasi digelar pada Minggu (29/05) di balai desa Kelurahan Imogiri dihadiri oleh 25 peserta yang sebelumnya telah ikut pendampingan tahun lalu. Dalam sambutannya, Voettie Wisataone, tim pengabdian LPPM UNY menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim Penggerak PKK yang sudah memfasilitiasi tempat dan peralatan, sehingga kegiatan tersebut dapat terwujud. Dosen Administrasi Perkantoran UNY itu dalam materinya menyampaikan bahwa pemilihan kata kunci yang tepat menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan penjualan online. Mendukung pernyataan tersebut, Ulfah Hidayati, dosen Ilmu Komunikasi UNY, yang juga anggota tim PkM juga menghimbau peserta untuk mengelola brand toko online yang dimiliki melalui pembuatan logo dan desain yang menarik. Seusai penyampaian materi, mahasiswa UNY melakukan pendampingan langsung kepada para peserta untuk mengoptimasi toko online melalui marketplace.

Pengabdian yang diketuai oleh Prof. Dr. Suranto Aw., tersebut bertujuan untuk meningkatkan skill peserta dalam pengelolaan penjualan melalui marketplace. Guru Besar bidang Evaluasi Program Komunikasi ini menyebutkan bahwa skill digital marketing tidak mutlak dimiliki oleh perusahaan besar saja. Para pelaku UMKM, salah satunya ibu-ibu PKK Imogiri, juga harus menguasainya untuk mampu bersaing di era perkembangan teknologi. “Kami berharap tahun depan kita dapat bekerjasama kembali, dan melanjutkan kegiatan yang positif ini.” Tutur Fadilah Hartati, selaku ketua TP PKK Kelurahan Imogiri, Bantul. (Ulfah Hidayati)

 

 

 

 

 

IKU
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus