UNY Selenggarakan Wisuda Periode II Tahun Akademik 2023/2024

2
min read
A- A+
read

Rektor mewisuda lulusan

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan wisuda pada Sabtu, (2/12) di GOR UNY. Upacara Wisuda Periode II Tahun Akademik 2023/2024 ini diikuti oleh 2.106 orang dengan rincian 102 orang Program Doktor, 517 orang Program Magister, 1.315 orang Program Sarjana, dan 172 orang Program Sarjana Terapan. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi meluluskan sebanyak 429 orang, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya sebanyak 388 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  sebanyak 297 orang, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik sebanyak 250 orang, Fakultas Teknik sebanyak 188 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan sebanyak 134 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 164 orang, Fakultas Vokasi sebanyak 172 orang, dan Sekolah Pascasarjana sebanyak 84 orang. Dari 2.106 orang wisudawan, terdapat 7 orang berpredikat summa cumlaude (Dengan Pujian Tertinggi) terdiri dari 3 orang Program Doktor, dan 4 orang Program Magister. Selain itu terdapat 1.199 wisudawan dengan predikat cumlaude (Dengan Pujian) dengan rincian 30 orang dari Program Doktor, 220 orang Program Magister, 810 orang Program Sarjana, dan 139 orang Program Sarjana Terapan (DIV).

Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengatakan bahwa untuk mem follow-up acara hari ini UNY sangat terbuka apabila lulusan akan studi lanjut karena UNY membuka kesempatan pendaftaran S2 dan S3 dua kali setahun. “Mahasiswa bisa meneruskan kuliah S2 atau S3 pada bulan Februari atau September 2024 seiring UNY menjadi PTN BH” papar Rektor. Salah satu ciri perguruan tinggi PTN BH adalah tersedianya sumber daya manusia baik dosen, tendik, mahasiswa, alumni bahkan mitra kerja yang qualified. Sesuai dengan tagline bahwa UNY berkomitmen  menjadi perguruan tinggi yang unggul, kreatif dan inovatif berkelanjutan.

Wisudawan peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 4.00 dengan predikat summa cumlaude dengan masa studi 2,16 tahun untuk Program Doktor diraih oleh Dr. Zela Septikasari dari Program Studi Pendidikan Dasar S3 Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi  dan untuk Program Magister dengan IPK 4,00 dengan predikat summa cumlaude dengan masa studi 1,16 tahun diraih oleh Sukarjono, M.Or. dari Program Studi Ilmu Keolahragaan S2 dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. Wisudawan Sarjana dengan IPK tertinggi diraih oleh Salsabila Agustina, S.Stat. dengan predikat cumlaude dengan IPK 3,93 dari Program Studi Statistika S1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, sedangkan dari Program Sarjana Terapan IPK tertinggi diraih Fennia Arneta, S.Tr.M. dari Program Studi Manajemen Pemasaran D-IV Fakultas Vokasi dengan predikat cumlaude, IPK 3,86.

Wisudawan lulus tercepat untuk Program Doktor diraih Dr. Rozanah Katrina Herda dengan masa studi 2,13 tahun, IPK 3,95 dengan predikat cumlaude dari Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa S3 Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya; Program Magister diraih Nursah Nola Berutu, M.Pd. dengan masa studi 1,08 tahun, IPK 3,96 dengan predikat cumlaude dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris S2 Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya; untuk Program Sarjana diraih Ahzami Fadilah Akbar, S.T. dari Program Studi Teknik Elektro S1 Fakultas Teknik dengan masa studi 3,16 tahun, IPK 3,58 dengan predikat cumlaude; sedangkan Program Sarjana Terapan dengan masa studi 4 tahun diraih Rizka Aprilianingrum, S.Tr.A.B. dengan IPK 3,65 dengan predikat cumlaude  dari Program Studi Administrasi Perkantoran D-IV Fakultas Vokasi.

Predikat Lulusan Termuda untuk Program Doktor dengan usia 28,69 tahun diraih Dr. Agnesi Sekarsari Putri  dengan IPK 4,00 dengan predikat summa cumlaude dari Program Studi Ilmu Pendidikan S3 Sekolah Pasca Sarjana; Program Magister usia termuda 22,99 tahun atas nama Rickadesti Ramadhana, M.Pd. dengan IPK 3,91, dari Program Studi Pendidikan Jasmani S2 Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan dengan predikat cumlaude; Program Sarjana usia 21,07 tahun diraih Sri Wahyuni, S.Pd. dengan IPK 3,64, dengan predikat cumlaude dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa S1 Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya, sedangkan untuk Program Sarjana Terapan usia 21,62 tahun diraih Saudara Anggrifian Winardi, S.Tr.T., dengan IPK 3,46, Program Studi Teknik Mesin D-IV Fakultas Vokasi dengan predikat sangat memuaskan.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM
IKU
IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak