UNY Siap Berkolaborasi Dengan DPD RI Untuk Pembangunan SDM Pendidikan DIY

1
min read
A- A+
read

Bersama DPD RI

UNY siap berkolaborasi dengan DPD RI Komite III untuk pembangunan SDM Pendidikan DIY melalui skema beasiswa yang diberikan kepada putera puteri daerah. Acara dilaksanakan di UNY Hotel pada Selasa, 27 Februari 2024, yang dihadiri oleh Drs. H. A. Hafidh Asrom, M.M., selaku anggota DPD RI Komite III, Wiwied selaku Kepala Sekretariat DPD RI DIY, Syafruddin, Sujarwo beserta dengan anggota DPD DIY. Sedangkan utusan dari UNY oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Keuangan Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd., dan Wakil Rektor Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi dan Usaha Prof. Dr. Margono, M.Hum.,M.A., Direktur Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Lia Yuliana, M.Pd., serta Staf Ahli Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Dalam pengantarnya, Hafidh Asrom berharap kepada UNY untuk dapat akses studi lanjut bagi putera puteri terbaik DIY. Hasil diskusi dengan konstituen, masyarakat berharap agar ada fasilitasi untuk peningkatan SDM melalui studi lanjut, karena hasil studi lapangan menunjukkan bahwa hanya 9% masyarakat Jogja asli yang melanjutkan studi. Dana istimewa diharapkan ada porsi untuk peningkatan SDM sebesar 20%“ ujarnya. 

Sementara Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. menyatakan bahwa UNY secara luas telah membangun jejaring kerja sama untuk peningkatan SDM melalui berbagai skema beasiswa pendidikan, yang salah satunya adalah pemberian beasiswa KIPK, Bayan, BI, serta beasiswa lainnya. “UNY merupakan salah satu kampus kerakyatan karena biayanya yang terjangkau dibandingkan dengan kampus lain yang ada di Indonesia” tuturnya.

UNY juga telah mengembangkan program rekognisi pembelajaran lampau yang telah berhasil melahirkan sarjana unggul yang tersebar di seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Menurut Prof Dr. Margana, M.Hum.,M.A., dukungan yang telah diberikan UNY untuk putera puteri daerah DIY adalah sejumlah 2500 yang sedang melaksanakan studi dari jenjang sarjana, master, hingga doktoral.

Diakhir diskusi, DPD DIY dan UNY siap untuk berkolaborasi dalam membangun peta jalan peningkatan SDM untuk putera puteri DIY, dengan harapan ada peningkatan masyarakat DIY yang melanjutkan studi di Pendidikan tinggi melalui penggunaan Dana Keistimewaan sebesar dua puluh persen.

Penulis: Faqih Maarif (SA Implementasi kerja sama, pemeringkatan, publikasi, dan IG)

Editor: Dedy

 

IKU
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat