UNY Terima Kunjungan Studi Banding Dari ITB

1
min read
A- A+
read

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan Informasi Publik maka pada hari Kamis (19/5) Institut Teknologi Bandung (ITB) mengadakan studi banding ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Rombongan dari ITB yang terdiri dari 4 orang yaitu Diky Purnama (Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Publikasi/ Pembantu PPID Bidang Pelayanan Informasi PPID), Ella Nurlaila Jamilah (Kepala Sub. Bagian Dokumentasi Data dan Informasi/ Penyedia Informasi dan Dokumen Umum dan Kearsipan PPID), Wahyuna Tunggal Rahayu (Staf Direktorat Sistemdan Teknologi Informasi DSTI/ Petugas Penyedia Sistem Informasi PPID), Hendy Sumadi (Staf Bidang Konsultasi, Bantuan Hukum dan Kepatuhan/ Penyedia Informasi dan Dokumen Naskah Hukum PPID), diterima langsung oleh Profesor Siswantoyo (Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja sama), Profesor Anwar Efendi (Staff Ahli Bidang Humas, Promosi dan Komersialisasi), Yuyun Farida (Koordinator Humas dan Kerja sama), dan Sudaryono (Sub Koord Bidang Humas). Rombongan PPID ITB ini juga ingin mempelajari tentang pengelolaan informasi publik yang berkaitan dengan bidang hukum, kehumasan, Unit Layanan Terpadu, data dan informasi, dan sistem elektronik PPID di UNY. 

Ketika memberikan sambutan diawal, Profesor Siswantoyo mengatakan dengan adanya kunjungan ini semoga bisa saling melengkapi satu sama lain dan Ia menambahkan bahwa UNY “melek” PPID juga belum lama sehingga diharapkan bisa saling memberi masukan untuk kebaikan bersama. Sekedar informasi, pada tahun 2021 yang lalu UNY berhasil menjadi Juara I dan menjadi kategori informatif dalam Anugrah Keterbukaan Informasi Publik (KIP), hal ini juga yang membuat ITB untuk melakukan studi banding ke UNY. 

Anwar Efendi dalam paparanya menjelaskan untuk meraih juara I dan berhasil masuk kategori Informatif kita semua harus terlebih dahulu memahami aturan yang dibuat KIP Pusat serta memahami kriteria apa saja yang dipertandingkan serta mencermati aspek- aspek saja yang akan dipertandingkan. 
“Kuncinya adalah kami menggerakkan seluruh lini yang ada di UNY baik itu bidang keuangan, kepegawaian, hukum dan bidang lainya serta aktif melakukan konsultasi serta Bimbingan Teknik (Bimtek) dengan KIP Pusat,” ujar Anwar. 

Acara kali ini diakhiri dengan pertukaran cendera mata dan pihak dari ITB juga berharap suatu saat nanti UNY berkenan untuk berkunjung agar bisa lebih mempererat hubungan antara kedua belah pihak. (Khairani Faizah)