Visitasi Progam Studi S3 PTK UNY

1
min read
A- A+
read

Visitasi prodi S3 PTK

Program studi S3 Pendidikan Teknologi Kejuruan (PTK) Pascasarjana UNY mendapat kunjungan dalam rangka visitasi lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik) pada Senin (29/8) di Rektorat. Lamdik merupakan lembaga yang memiliki tugas dan tanggungjawab dalam melakukkan akreditasi program studi. Lamdik mengutus Prof. Dr. Syahrul dari Universitas Negeri Makassar dan Dr. Asep Yudi Permana dari Universitas Pendidikan Indonesia untuk melakukan visitasi lapangan ini.

Kedua asesor disambut oleh Rektor UNY Prof. Sumaryanto didampingi para wakil rektor. Dalam kesempatan ini Rektor menyampaikan agar dalam visitasi ini, Prodi S3 PTK UNY agar diberi arahan dan pencerahan supaya mutunya menjadi lebih baik lagi. Syahrul dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sebagaimana lazimnya kegiatan akreditasi, ada beberapa agenda yang dilakukan seperti bertemu dengan alumni. “Namun karena alumni S3 PTK UNY sebagian besar sudah menjadi pejabat maka sudah tidak perlu mewawancara lagi” katanya. Menurut Syahrul hal-hal pokok sudah cukup banyak dijelaskan Rektor, sehingga tim asesor hanya akan mengkonfirmasi dengan Laporan Evaluasi Diri. Asep Yudi Permana menambahkan bahwa LPTK merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. “Kami juga belajar tentang kekuatan UNY yang akan dibawa bagi semua LPTK” kata Asep. Selama di UNY para asesor akan melakukan observasi on the spot sarana prasarana pembelajaran dan fasilitas penunjang serta fasilitas layanan mahasiswa, observasi praktik mengajar dosen dengan mengimplementasikan RPS dan model pembelajaran inovatif (sesuai dengan instrumen) dan melakukan pertemuan dengan dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa.

Menurut Koordinator Prodi S3 PTK UNY Prof. Moch Bruri Triyono program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) PPs UNY menyelenggarakan program Doktor dan Magister PTK. Program Magister PTK diselenggarakan sejak tahun akademik 1981/1982. Sedangkan Program Doktor PTK diselenggarakan sejak tahun 2008. “Program Studi S3 PTK pada tahun 2012 terakreditasi A dari BAN PT dengan nomor SK 006/2012” katanya.  Penyelenggaraan program studi PTK didasarkan atas tuntutan peningkatan kemampuan akademik lulusan sarjana dan pascasarjana yang makin meningkat dalam fungsinya sebagai pengajar, peneliti, pengembang, dan pengelola Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dalam rangka mengabdi, membina, mengembangkan, dan mengamalkan ilmu agar lebih bermakna bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Mengingat banyaknya bidang kejuruan dan potensinya dalam pembangunan, mulai tahun akademik 2003/2004 program studi ini menambah bidang kekhususan, yaitu pendidikan dan pelatihan kejuruan, pendidikan karier dan kewirausahaan, pendidikan teknik mesin, pendidikan teknik otomotif, pendidikan teknik elektro, pendidikan teknik elektronika, pendidikan teknik informatika, pendidikan teknik sipil dan perencanaan, pendidikan teknik boga, dan pendidikan teknik busana. Untuk menunjang program UNY menjadi World Class University, Program Studi PTK menyelenggarakan Program S3 Internasional Joint Degree bekerja sama dengan TUD Jerman yang dimulai pada tahun 2013. (Yuyun)