Dua Mahasiswa UNY Raih Penghargaan Winner dalam Ajang Pemilihan Putera Puteri Keistimewaan DIY 2023

1
min read
A- A+
read

Putra Putri Keistimewaan DIY

Malam puncak dari rangkaian seleksi Pemilihan Putera Puteri Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2023 berlangsung pada Jumat (2/6) di Atrium Shinta, Sleman City Hall. Ajang tersebut menobatkan 20 milenial untuk menjadi pelopor generasi muda dalam menjaga budaya, pariwisata, dan keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara berlangsung sangat meriah dengan dihadiri oleh lebih dari 200 penonton baik dari pendukung finalis maupun umum dalam hal ini para pengunjung mall.

Setelah melalui pemilihan yang ketat mulai dari seleksi tertulis, unjuk bakat, wawancara, dan pembekalan, resmi terpilih Putera Erwin Rizki Nur Rofiq dan Puteri Chatarina Lidya Manafe sebagai Juara 1 (Winner) Putera Puteri Keistimewaan DIY tahun ini. Mereka mendapatkan gelar terbaik di antara 18 finalis lainnya. Keduanya adalah mahasiswa aktif Universitas Negeri Yogyakarta. Ajang tersebut diikuti oleh puluhan pendaftar dan akhirnya tersisa 20 finalis saja terdiri atas 10 putra dan 10 putri yang berhak melanjutkan langkahnya ke babak Grand Final. Saat pelaksanaan, kedua puluh finalis menampilkan opening dance dengan sangat apik dilanjutkan speech dan sesi QnA bagi finalis yang masuk TOP 3.

Dalam kesempatan tersebut, Putera Erwin membawakan speech dalam bahasa Jawa halus mengenai program kerja advokasi tentang keistimewaan DIY berbasis digital di media sosial. Penampilannya cukup membuat suasana panggung riuh akan tepuk tangan penonton. Dilanjutkan speech oleh Puteri Chatarina yang menyampaikan sebuah aplikasi pengembangan budaya Jawa dengan sasaran siswa Sekolah Dasar (SD). Ide speech tersebut mereka kupas tuntas bersama malam hari sebelum grand final berlangsung melalui Zoom Meetings. Sebelumnya, finalis telah mengerjakan penugasan field program dan dibekali berbagai materi seperti public speaking dan personal branding. Putera Puteri Keistimewaan DIY tergolong organisasi muda di antara duta lainnya karena baru terselenggara untuk kedua kalinya.

Putera Erwin dan Puteri Rina sama-sama lahir di Sleman tahun 2002. Besar dan tinggal di Yogyakarta membuatnya mengenal dan memiliki wawasan lebih luas mengenai daerah tempat tinggalnya. Putera Erwin Rizki Nur Rofiq anak dari pasangan  Suryanto dan Winarni ini merupakan mahasiswa program studi Statistika FMIPA angkatan 2020 dan Koordinator Humas dalam Paguyuban Duta Kampus UNY 2022. Sedangkan Puteri Chatarina Lidya Manafe, putri pasangan Anthon dan Christina Siti merupakan mahasiswi aktif program studi PGSD FIPP angkatan 2021 dan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan. Tidak hanya aktif dalam berorganisasi, mereka juga aktif dalam mengikuti perlombaan baik di bidang akademik maupun nonakademik. Beberapa prestasi sudah diraih dan membuatnya mendapatkan anugerah Mahasiswa Berprestasi oleh UNY, termasuk di tahun 2023 ini.

Selanjutnya Putera Erwin Rizki Nur Rofiq dan Puteri Chatarina Lidya Manafe akan menjalankan amanah untuk menyukseskan visi bersama finalis lainnya dalam melestarikan budaya, pariwisata, serta menjaga keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penulis: Ahmad Yusyrof

Editor: Dedy

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus