Raihlah Mimpimu Bersama LPDP

1
min read
A- A+
read

Talkshow LPDP

BEM KM UNY bersama Kelurahan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sekaligus Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta dan KMMD FBSB UNY, menyelenggarakan talkshow Beasiswa LPDP di Performance Hall FBSB UNY, Sabtu (20/5/2023)

Kegiatan ini yang terselenggara atas kerja sama BEM KM UNY, awardee LPDP UNY, dan KMMD FBSB UNY dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peran awardee terhadap negara dalam bentuk program sosialisasi beasiswa. Bukan hanya sekadar menjalankan program sosialisasi, tapi juga karena banyaknya aspirasi dan keinginan mahasiswa untuk melanjutkan studinya melalui jalur beasiswa yang tinggi membuat BEM KM UNY berkomitmen untuk mendorong kegiatan ini dilaksanakan dengan gebyar dan mengundang para tokoh LPDP yang banyak menginspirasi para pelajar di Indonesia. “Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen BEM KM UNY dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan memberikan fasilitas kepada Mahasiswa UNY untuk mendorong semangat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan meningkatkan pemahaman intelektual bagi masyarakat indonesia sebagaimana terkandung dalam UUD yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Afgan Ramadhani Ketua BEM KM UNY saat memberikan sambutan.

Acara tersebut mengundang Direktur LPDP yang diwakili oleh Kepala Divisi Keuangan LPDP, M. Lukmanul Hakim, STT.AK, CA. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY yang diwakili oleh Kasubag Minat Penalaran Mahasiswa, Supriyono, S.IP. dan Dekan FBSB UNY yang diwakili oleh WD III FBSB Prof. Dr. Maman Suryaman, M.Pd. dan dihadiri oleh kurang lebih 550 peserta dari mahasiswa dan umum. Dengan mengangkat tema Raihlah Mimpimu Bersama LPDP diharapkan talkshow ini akan mampu membuka gerbang harapan, membangkitkan semangat dan memacu motivasi para mahasiswa lulusan S1 maupun S2 untuk melanjutkan studinya ke dalam negeri maupun luar negeri, dengan lebih dari ratusan kampus tujuan terbaik dunia.

Dalam acara talkshow tersebut, pihak LPDP yang dihadiri oleh Kepala Divisi Keuangan LPDP RI menyampaikan materi tentang beasiswa LPDP yang meliputi berbagai fasilitas beasiswa yang disediakan oleh LPDP dan juga teknis seleksinya. Beliau juga mendorong para peserta untuk bisa mengikuti beasiswa LPDP baik dalam maupun luar negeri “Semua mahasiswa bisa ikut dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan awardee LPDP. Karena Bagi kami pendidikan adalah hak setiap warga negara. Mereka punya hak untuk melanjutkan studinya hingga ke jenjang studi yang lebih tinggi. Jadi kami akan memberi kesempatan bagi mereka yang mau dan sungguh-sungguh” tegas Lukmanul Hakim.

Kegiatan ini juga semakin menarik dan sangat spesial karena dihadiri oleh Awardee LPDP di Edinburgh dan peraih bidikmisi tahun 2013 dan pernah berkesempatan untuk memberikan pidato di hadapan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dan para Pejabat Tinggi Negara yaitu Birul Qodriah dan juga Seorang Awardee LPDP di University Of Sydney yang juga salah seorang Awardee disabilitas yaitu Umar, M.Med.Kom. Pada kegiatan itu mereka memberikan semangat, motivasi, memberikan pengalaman mereka Ketika berjuang mendapatkan LPDP hingga membagikan kisah mereka selama melaksanakan pendidikan di negeri orang. Mereka juga mendorong kepada seluruh peserta yang hadir untuk berjuang dan bercita – cita setinggi langit mengabdi untuk bangsa dan negara.

Penulis: Ahmad Yusyrof Al Hakim

Editor: Dedy

MBKM