Shinhan University Korea Siap Perkuat Taekwondo UNY

1
min read
A- A+
read

Kunjungan ke Shinhan University Korea

Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan rangkaian workshop akademik kedua, dengan Shinhan University bertempat di Gyeonggi-do yang merupakan Universitas terkemuka di bidang olahraga, khususnya Taekwondo. Workshop tersebut bertujuan untuk peningkatan prestasi Taekwondo UNY di level internasional. Kegiatan dilaksanakan pada 23 Maret 2023 yang dihadiri jajaran pimpinan mitra diantaranya adalah Dean International Affairs, Vice Dean International Affairs, Dean College of Taekwondo and Sports, Dekan Fakultas Teknik Automotive, head of department Global Trade Management. Sementara dari UNY dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Staf Ahli Akademik dan Kemahasiswaan, expertise taekwondo, dan therapis.

Rangkaian acara workshop terdiri dari sambutan Shinhan University dan UNY serta diskusi pengembangan akademik berkelanjutan, khususnya pada departemen taekwondo dan teknik otomotif. “Shinhan University merupakan salah satu universitas yang memiliki keunggulan dalam bidang taekwondo di Seoul, Korea. Kami banyak mencetak atlit berbakat dalam berbagai kejuaraan ditingkat internasional seperti olimpiade, ataupun dalam level nasional” tutur Dr. Myungsu Choi, mengawali diskusi dengan UNY. Karena keberhasilannya inilah Shinhan University banyak melaksanakan pengembangan kepelatihan taekwondo di berbagai belahan dunia. Dalam bidang otomotif, universitas ini merupakan kompetitor utama UNY untuk kejuaraan mobil balap internasional yang telah diselenggarakan di beberapa negara. Selanjutnya, Dekan International Affairs mengemukakan berbagai potensi kerja sama yang akan dilaksanakan. “Dalam bidang akademik, peluang kegiatan unggulan yang akan dilaksanakan meliputi pelatihan bahasa Korea, studi lanjut mahasiswa UNY (S2 dan S3) di Shinhan University, internship, serta kepelatihan taekwondo dengan mendatangkan ahli, serta visiting professor dan kerja sama riset” ucap Prof. Woo Young Chung.

Dalam sambutannya, UNY merespon baik kerja sama dalam bentuk pelatihan dan pengembangan SDM bagi dosen dan mahasiswa. Keberadaan Shinhan University akan menjadikan UNY terus berprestasi dalam bidang olahraga, khususnya taekwondo” papar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Siswantoyo. Kegiatan workshop diakhiri dengan kunjungan laboratorium di Shinhan University yang meliputi pusat pelatihan, aula untuk pertandingan, dan fasilitas lainnya untuk pengembangan atlit berbakat. Menurut Prof. Dr. Siswantoyo kegiatan yang berlangsung selama tiga jam ini akan ditindaklanjuti dengan penyusunan dokumen kerja sama (MoU, MoA, dan IA) sebagai payung hukum proses pelaksanaan program. UNY sangat yakin untuk dapat meningkatkan prestasi ditingkat nasional dan internasional melalui kegiatan pelatihan bersama dengan Shinhan University, Korea. Hal ini merupakan salah satu upaya UNY dalam Sustainable Development Goals pada bidang pendidikan, kemitraan dan kelembagaan. 

Penulis: Faqih Ma’arif

Editor : Dedy

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia