SEBANYAK 1.354 MAHASISWA BERPRESTASI UNY MENERIMA PENGHARGAAN

1
min read
A- A+
read

MAHASISWA BERPRESTASI UNY MENERIMA PENGHARGAAN

Masih dalam euforia peringatan Hari Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi, baik tingkat Internasional, Regional, Nasional, Wilayah, dan Daerah. Mengisi kemerdekaan bagi mahasiswa UNY adalah dengan menorehkan prestasi. Hari ini, Selasa (18/8) di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat UNY sebanyak 1354 menerima penghargaan, walaupun penyerahan piagam penghargaan tidak diserahkan secara langsung tetapi hanya perwakilan karena Pandemi Covid-19, sehingga harus dilaksanakan secara daring.

Berdasarkan laporan dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY, Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd menyampaika bahwa, “Rekapitulasi jumlah predikat prestasi mahasiswa penerima penghargaan berdasarkan tingkat kejuaraan dan bidang pembinaan periode 1 April 2019-31 Maret 2020, Bidang Penalaran tingkat internasional sebanyak 37 predikat, regional sebanyak 6 predikat, tingkat nasional 145 predikat, wilayah 14 predikat, dan daerah sebanyak 8 predikat. Untuk bidang seni: tingkat internasional 7 predikat, nasional 21 predikat, wilayah 5 predikat, dan daerah 5 predikat. Sedangkan bidang olahraga sebanyak 8 predikat tingkat internasional, 4 predikat tingkat regional, 158 predikat tingkat nasional, 30 predikat tingkat wilayah, dan 271 predikat tingkat daerah. Berdasarkan bidang Kesejahteraan/Khusus tingkat nasional sebanyak 29 predikat, wilayah 5 predikat, dan daerah 13 predikat. Total semuanya sebanyak 766 predikat.”

Lebih lanjut disampaikan, “Sedangkan berdasarkan rekapitulasi jumlah  mahasiswa penerima penghargaan berdasarkan tingkat kejuaraan dan bidang pembinaan periode 1 April 2019 – 31 Maret 2020, datanya sebagai berikut. Bidang Penalaran tingkat internasional sebanyak 110 mahasiswa, regional sebanyak 54 mahasiswa, tingkat nasional 267 mahasiswa, tingkat wilayah 32 mahasiswa, dan daerah sebanyak 5 mahasiswa. Untuk bidang seni: tingkat internasional 46 mahasiswa, tingkat nasional 26 mahasiswa, tingkat wilayah 10 mahasiswa, dan tingkat daerah 4 mahasiswa. Sedangkan bidang olahraga sebanyak 25 mahasiswa tingkat internasional, 3 mahasiswa tingkat regional, 341 mahasiswa tingkat nasional, 52 mahasiswa tingkat wilayah, dan 265 mahasiswa daerah. Berdasarkan bidang Kesejahteraan/Khusus tingkat nasional sebanyak 36 mahasiswa, wilayah 14 mahasiswa, dan daerah 64 mahasiswa. Total semuanya sebanyak 1354 mahasiswa,” tambah Anik.

Dalam sambutannya Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. menyampaikan pesan agar kompetensi yang telah dimiliki terus didengungkan yang sering kita sebut 4C itu, creatif, critical thinking, comunication & networking, dan collaboration. Kita harus memiliki 4 C ini. “Apabila kita sudah memiliki ini, maka kita akan masuk ke sikap-sikap kita adaptif dan fleksibility. Akan membawa sikap kita dimanapun berada untuk selalu adaptif dan fleksible.” Jelas Sutrisna.

“Masa depan penuh tantangan, maka jangan pernah berhenti untuk berkarya,” lanjut Sutrisna. Karya-karya Saudara inilah yang juga membawa UNY masuk (kembali) di klaster 1 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia. Terima kasih mahasiswa, teruslah berprestasi. (Sud).