Garuda UNY Team Juara KMHE 2023

1
min read
A- A+
read

Tim KMHE UNY

Garuda UNY Team (GUT) raih kemenangan dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023 yang berlangsung di Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol, dari tanggal 28 Oktober hingga 3 November. Kompetisi ini bertujuan untuk menguji efisiensi bahan bakar kendaraan. GUT mengirimkan dua mobil berbasis energi terbarukan, salah satunya menggunakan etanol dan yang lainnya menggunakan motor listrik. Tim GUT berhasil mengatasi 18 tikungan menantang di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), yang berbentuk mirip kuda lumping dan membentang di atas lahan seluas 35 hektar dengan panjang lintasan mencapai 2,4 kilometer.

Garuda UNY Eco Team I di kelas Urban Concept MPD Etanol dengan ketua mahasiswa S1 Pendidikan Otomotif Irvanda Sri Purwanto mendapatkan juara 1 dengan capaian 427,7 kilometer per liter. “Pada kelas ini merupakan capaian rekor baru pada KMHE, dimana semula berkisar 270 kilometer per liter tercapai pada KMHE 2019 di Universitas Negeri Malang. Hal ini berkat keunggulan teknis, strategi dan semangat yang luar biasa” kata Irvanda, Jumat (3/11).

Garuda UNY Eco Team II di kelas Urban Concept Motor Listrik dengan ketua mahasiswa D4 Mesin Otomotif, Sultan Muhammad Yusuf berhasil menyabet Juara 2 dengan capaian 161,5 km/KWh. Kedua mobil juga berhasil masuk dalam ECO Race dan berhasil mendapatkan podium 2 ECO Race KMHE 2023 untuk mobil listrik. Menurut Sultan, Garuda UNY Team berhasil menyatukan inovasi dan keberlanjutan dalam mobil yang bertenaga energi terbarukan terutama etanol dan listrik.

Dosen Pendamping Tim Dr. Sutiman mengatakan Tim GUT mengikuti KMHE dengan tujuan besar yaitu menjadi agen perubahan dalam mengatasi krisis energi global dan berpartisipasi dalam pengembangan teknologi otomotif hemat energi. “Mereka ingin memberikan kontribusi pada kemajuan bangsa dan negara Indonesia dengan teknologi ramah lingkungan” katanya. 

Kemenangan ini bukan hanya prestasi bagi tim saja, tetapi juga kontribusi berharga dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan dan hemat energi di Indonesia. Dikatakan Dr. Zainal Arifin, GUT membuktikan bahwa dengan kerja keras, semangat yang tinggi, dan dedikasi untuk inovasi dapat mencapai solusi yang lebih berkelanjutan dalam kendaraan masa depan. “Kemenangan GUT adalah inspirasi bagi semua generasi muda Indonesia untuk berpartisipasi dalam upaya penanggulangan krisis energi global” kata dosen Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNY tersebut. GUT telah membuktikan bahwa juara adalah tradisi dan tentunya siap melanjutkan inovasi yang lebih kedepannya. 

Penulis: Zain Najib Rahmi

Editor: Dedy

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus