Kunjungan Kerja Penguatan Kerja Sama antara UNY dan UIN Sultan Syarif Kasim Riau

1
min read
A- A+
read

Wakil Rektor Bidang Riset, Kerja sama, Sistem Informasi dan Usaha (RKSIU) UNY beserta jajarannya menerima tamu istimewa untuk berbagi ilmu serta pengalaman. Tamu studi banding kali ini dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan tujuan untuk mendiskusikan rancangan implementasi kerja sama di bidang Pendidikan S2 dan S3, Pengabdian kepada Masyarakat, penelitian, dan publikasi, serta bidang-bidang terkait lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat 8 Maret 2024 di Ruang Diponegoro UNY Hotel. 

Hadir dalam acara ini Sekretaris Direktorat Kerjasama, Sistem Informasi, Inovasi dan Usaha (KSIU), Sekretaris Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sekretaris Direktur Sekolah Pascasarjana, Pengelola Jurnal UNY, Editor Jurnal Cakrawala Pendidikan, Associate Editor Jurnal Cakrawala Pendidikan, serta para Staff ahli bidang RKSIU, sedagkan dari UIN Sultan Syarif Kasim hadir Direktur Pascasarjana, Ketua Prodi Doktor Pendidikan Agama Islam, serta satu orang dosen Prodi Doktor Pendidikan Agama Islam. 

Ketika memberikan sambutan, Sekretaris Direktorat KSIU, Drs. Supriyanto, MM., yang hadir mewakili Direktur mengatakan bahwa dengan adanya kunjungan dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau ini diharapkan bisa saling berbagi pengetahuan serta saling melengkapi satu sama lain. 

Direktur Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim, Prof. DR. Ilyas Husty, M.Ag., menjelaskan bahwa dirinya masih ingin terus mengembangkan jurnal yang dimiliki Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim karena sementara ini hanya terdapat 3 jurnal terindeks Sinta 3. “Tujuan kami datang kesini juga ingin belajar banyak tentang jurnal Cakrawala Pendidikan milik UNY yang sudah mampu menjadi jurnal terindeks Scopus Q2”, ujarnya.  Ia juga mengatakan bahwa pada Program Pasca Sarjana UIN Sultan Syarif Kasim saat inimemiliki 800 orang dosen dan 48 dosen tetap pada Program Pasca Sarjana. “Kedepannya Program Pascasarjana kami ingin menambah jumlah Guru Besar melalui pelatihan Academic Writing,” tambahnya.

Editor Jurnal Cakrawala Pendidikan UNY, Prof. Dr. Sulis Triyono, M.Pd., dalam paparannya mengatakan bahwa saat ini jurnal Cakrawala Pendidikan sudah Terindeks Scopus Q2 dan target tahun depan bisa menjadi Q1. “Jurnal Cakrawala Pendidikan sendiri memberi kesempatan untuk 4 orang penulis internal setiap terbit jadi total 12 penulis internal dalam setahun dan 25% untuk penulis asing dan total in review dalam satu edisi bisa berjumlah kurang lebih sekitar 1190 artikel”, tambah Prof Sulis. 

Pengelola Jurnal UNY, Prof. Dr. Heri Retnowati, M.Pd., dalam paparannya menyebutkan bahwa saat ini UNY sudah memiliki 191 Jurnal terindeks Sinta 2, 3, dan 4. Ia juga mengatakan bahwa UNY sangat support dalam mengelola jurnal yang ada, salah satunya dengan adanya anggaran Rp.1,4 M untuk pengeloaan jurnal yang ada. 

Penulis: Khairani Faizah
Editor: Prasetyo Noviriyanto

IKU
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat