Pembekalan Dan Pelepasan Mahasiswa KKN-PK UNY

1
min read
A- A+
read

Foto bersama

UNY melepas lebih dari 300 mahasiswa untuk mengikuti KKN dan PK pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Pelepasan dilakukan oleh Rektor UNY Prof. Sumaryanto di Ruang Sidang Utama, Rabu (24/1).

Rektor menyampaikan bahwa juara itu by process, oleh karena itu apabila akan menjadi juara harus dibuat. “Anda yang sekarang kuliah di UNY merupakan pilihan dari lebih dari 170.000 calon mahasiswa yang mendaftar namun hanya sekitar 11.000 yang diterima. Dapat dibayangkan keketatan untuk dapat kuliah disini” kata Rektor. Diungkapkan bahwa bagi yang mengambil prodi seni dan keolahragaan sudah ada seleksi alam terlebih dahulu dimana yang tidal eligible dan capable dalam batas minimal jarang bisa kuliah disini. Rektor menegaskan bahwa salah satu mitra kerja dalam KKN adalah Karang Taruna sebab UNY sudah menjalin kerjasama dengan Karang Taruna DIY dibawah kepemimpinan GKR Hayu, oleh karena itu mahasiswa diminta untuk berkolaborasi. Sebagai duta UNY mahasiswa juga dapat menggunakan jersey fakultas atau unit kegiatan mahasiswa sebagai sarana promosi UNY pada masyarakat setempat. Diinformasikan juga bahwa untuk program Kampung Emas tahun 2024 akan dilakukan di Pengasih dan Pajangan maka alokasi KKN mahasiswa dapat dirancang juga untuk menempatkan mahasiswa di Guwosari, Pajangan, Bantul.

Menurut Kepala Unit KKN, PK, PI dan Magang UNY Dr. Yudanto kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait kegiatan KKN dan PK meliputi konsep, skema program kerja, jumlah waktu serta etika. “Juga untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan kolaborasi mahasiswa dalam satu kelompok” kata Yudanto. Jumlah peserta KKN dan PK pada periode semester genap ini, untuk KKN prodi non kependidikan 275 mahasiswa, KKN prodi kependidikan 67 mahasiswa, KKN jalur RPL 8 mahasiswa serta PK sebanyak 107 mahasiswa. Pelaksanaan KKN dilaksanakan pada 25 Januari hingga 3 April 2024 untuk prodi non kependidikan, PK dilaksanakan 29 Januari hingga 28 Maret 2024. Sedangkan 22 April hingga 27 Juni 2024 dilakukan KKN prodi kependidikan. Lokasi KKN digelar pada dua kabupaten yaitu 3 kalurahan di Kulonprogo dan 4 kalurahan di Gunungkidul. Secara keseluruhan terdapat 34 dusun dari 7 kalurahan dan 3 kapanewon pada 2 kabupaten yang menjadi sasaran program KKN UNY semester genap. Sedangkan untuk PK dilaksanakan pada 27 sekolah/lembaga di DIY dan khusus mahasiswa jalur RPL kegiatan PK dilakukan di luar DIY.

 Pembekalan teknis KKN dilakukan oleh Kepala Divisi KKN Eko Widodo, M.Pd, pembekalan etika mahasiswa dipaparkan Kepala Unit KKN, PK, PI dan Magang Dr. Yudanto dan pembekalan sistem KKN disampaikan Staf Subdit Sistem Informasi dan Keamanan Siber UNY Efi Laila Latifah, M.Kom. Sedangkan pembekalan bagi mahasiswa PK disampaikan Sekretaris Unit KKN, PK, PI dan Magang UNY Dr. Banu Setyo Adi, Kepala Divisi PK Dr. Setyawan Pujiono dan staf Subdit Keuangan dan Perbendaharaan Moh Aziz Purnomo, S.Kom.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus