Prestasi Tiada Henti

1
min read
A- A+
read

Pelantikan Ormawa

Masih di awal tahun 2022, sebanyak 40 pengurus Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Universitas Negeri Yogyakarta dilantik. Pelantikan dilaksanakan secara luring dan daring, tepatnya hari Jum’at (14/1), secara luring bertempat di Auditorium UNY, sedangkan sebagian mengikuti melalui moda zoom.  Pengurus ormawa yang dilantik luring di Auditorium adalah Ketua, Sekretaris, dan Bendahara dari Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Pada kesempatan tersebut, Rektor UNY menyampaikan salam hormat, ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pengurus Ormawa yang lama, dan mohon maaf apabila dalam memfasilitasi masih terdapat kekurangannya.

“Selamat dan sukses, adik-adik menjadi representasi mahasiswa UNY yang luar biasa, yang hebat. Bersama dengan pimpinan dan pembina, insyaallah adik-adik akan menghantarkan kinerja kemahasiswaan lebih baik kualitasnya. Aamin. Jangan hanya mempertahankan, tetapi perlu ditingkatkan,” kata Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. pada sambutannya.

“Tata kelola keuangan, tolong rencanakan lebih awal! Jangan semata-mata ngumpul di belakang. Kalau bisa kegiatan dilaksanakan di depan mengapa harus di belakang atau di tengah,” pesan Rektor. Jangan kita mengejar prestasi tetapi keuangan tidak diperhatikan. “Mari kita wujudkan motto rektor sebelumnya, “Prestasi Tiada Henti”. Sambil berorganisasi jangan lupa tetap fokus pada ranah akademik,” pungkas Rektor.

Saat ditemui setelah acara berakhir, Rian Maulia Ketua BEM 2022 mengatakan, “Perasaan saya setelah terpilih menjadi Ketua BEM UNY periode 2022 tentunya campur aduk. Ada perasaan senang ketika dipercayai oleh mahasiswa UNY untuk memimpin lembaga eksekutif di tingkat universitas di sisi lain berarti ada sebuah harapan yang dititipkan kemudian muncul rasa tanggung jawab untuk senantiasa bermanfaat bagi mahasiswa UNY dan amanah dalam memimpin.”

Selanjutnya mahasiswa angkatan 2019 dari prodi Pendidikan Akuntansi ini mengungkapkan bahwa terkait program kerja yang akan dilaksanakan dalam BEM KM UNY 2022 Kabinet Ruang Temu ini berfokus pada pelayanan dan pengembangan mahasiswa. “Ada 4 program kerja unggulan yang akan diemban. Pertama, ada beasiswa satyakarta berupa kegiatan penghimpunan donasi kepada seluruh civitas akademika UNY untuk meringankan mahasiswa yang kesulitan membayar UKT. Kedua, Ruang Temu apps yang merupakan platform aplikasi berbasis website yang berisi beragam informasi baik mengenai beasiswa, magang, event lomba, dll. Dalam aplikasi ini juga akan memberi layanan aduan advokasi untuk mahasiswa UNY. Ketiga, perlombaan olahraga dan seni antar fakultas guna mencari bibit unggul yang nantinya dapat disalurkan ke UKM-UKM terkait agar lebih diberdayakan untuk meraih prestasi bagi UNY. Terakhir, Festival Budaya yang merupakan kegiatan bekerja sama dengan Ormada di UNY untuk mengenalkan budaya masing-masing daerahnya, terutama budaya yang ada di Yogyakarta,” jelas Rian.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY, Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd. berharap semoga kepengurusan Ormawa yang baru dapat mendukung kinerja kemahasiswaan, baik dari unsur BEM, DPM, UKM sayuk rukun gotong royong dalam 4 bidang yaitu manajemen institusi, FBKM, prestasi mandiri, dan prestasi kemdikbudristek. Selamat menjalankan tugas dan peran baru para pengurus Ormawa, DPM, dan UKM UNY Periode 2022. (sud).