Teachers Education Center UNESCO Gandeng UNY

1
min read
A- A+
read

Penandatanganan nota kesepahaman

Universitas Negeri Yogyakarta menjalin kerjasama dengan Teachers Education Center UNESCO yang ditandatangani di Hotel UNY, Jumat (10/11) oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Siswantoyo dengan Deputy Director of Teachers Education Center UNESCO Prof. Hu Guo Yong disaksikan Director SEAMEO – SEAMOLEC Indonesia Dr. Wahyudi dan Deputy Director SEAMEO – SEAMOLEC Indonesia Dr. Yaya Sutarya. Hadir dalam kesempatan ini Project Leader for South Asia Teacher Education Center Prof. Xiaohu ZHU, Manager Community Partnership Publication and Marketing Aline Almandha serta Manager of Finance Nurhajati. Selain penandatanganan nota kesepahaman dengan Teachers Education Center juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman mengenai workshop persiapan pembelajaran jarak jauh dengan SEAMEO – SEAMOLEC.

Dalam sambutannya Hu Guo Yong memaparkan UNESCO Teacher Education Center (UTEC) merupakan Pusat Kategori-2 di bawah naungan UNESCO yang didirikan di Shanghai Normal University Tiongkok pada tahun 2017. UTEC adalah pusat global untuk pendidikan guru dan pengembangan profesional. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan pendidikan dan pelatihan guru berkualitas tinggi, mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4 (SDGs 4), dan berkontribusi pada pembangunan sistem pendidikan yang lebih inklusif dan adil di seluruh dunia.

Siswantoyo menegaskan bahwa UNESCO telah lama bermitra dengan UNY diantaranya pelatihan kepemimpinan bagi kepala sekolah, pelatihan bagi guru serta pelatihan guru vokasi di Indonesia. Harapannya program kerjasama ini berhasil serta dapat mendukung UNESCO di Indonesia.

Pekerjaan UTEC berfokus pada empat bidang yaitu kebijakan dan penelitian Pendidikan guru, pengembangan professional guru, Kerjasama regional dan internasional serta berbagi dan diseminasi pengetahuan. Pada kebijakan dan penelitian pendidikan guru, UTEC melakukan penelitian mengenai kebijakan dan praktik pendidikan guru, dan memberikan dukungan teknis kepada pemerintah dan pemangku kepentingan pendidikan dalam mengembangkan dan menerapkan sistem pendidikan guru yang efektif.

Dalam pengembangan profesional guru UTEC menawarkan berbagai program pengembangan profesional untuk guru di semua tingkatan, termasuk pelatihan pra-jabatan dan dalam jabatan, serta program pengembangan kepemimpinan untuk pendidik guru. UTEC juga bekerja sama erat dengan negara-negara anggota UNESCO dan mitra internasional lainnya untuk mempromosikan kerja sama regional dan internasional dalam pendidikan guru dan pengembangan profesional. Selain itu UTEC juga menerbitkan dan menyebarkan temuan penelitian, praktik terbaik, dan sumber daya lain yang berkaitan dengan pendidikan guru dan pengembangan profesional.

UTEC telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam bidang pendidikan guru dalam waktu yang relatif singkat. Misalnya, mereka telah mengembangkan sejumlah program dan sumber daya pendidikan guru yang inovatif, seperti Kampus Guru Global, yang merupakan platform online gratis yang menawarkan akses kepada guru dan pendidik guru ke berbagai kursus mandiri dan terfasilitasi. UTEC juga telah bekerja sama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan pendidikan di banyak negara untuk mengembangkan dan melaksanakan kebijakan dan program pendidikan guru nasional.

Pekerjaan UTEC sangat penting untuk memastikan bahwa semua pelajar mempunyai akses terhadap pendidikan berkualitas tinggi yang diberikan oleh guru yang berkualitas dan terlatih. Dengan mempromosikan pendidikan guru berkualitas tinggi dan pengembangan profesional, UTEC membantu membangun dunia yang lebih adil dan berkelanjutan.

​Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia