Tim PkM-KKN UNY Adakan Sarasehan Rawat Bumi

1
min read
A- A+
read

Sarasehan Rawat Bumi

Tim PkM-KKN UNY yang terdiri dari Aris Martiana, S.Pd., M.Si. (Ketua), Dr. Nursida Arif, S.T., M.Sc (Anggota), Puji Wulandari, S.H., M.H. (Anggota), Irfan Hermawan, S.Pd. (enumerator) melaksanakan sarasehan bertajuk ”Rawat Bumi Dusun Pulesari“ pada Selasa, (12/9) lalu. Sarasehan tersebut sebagai rangkaian Upacara Adat Pager Bumi di Desa Wisata Pulesari, Turi, Wonokerto, Sleman yang diselenggarakan sejak 11 – 16 September lalu.

Pemateri sarasehan, Edi Widodo, M.Pd memaparkan tentang merawat bumi melalui kegiatan sosial budaya secara berkelanjutan dengan audience nya adalah warga dusun wisata Pulesari sangat antusias dari awal hingga akhir kegiatan. Dalam paparan materinya Edi menekankan pelestarian lingkungan dengan didukung nilai-nilai sosial dan budaya lokal sehingga dapat mewujudkan ekosistem berkelanjutan. karena kesuksesan atau optimalnya upaya kelestarian itu jika dilakukan kemudian menjadi kebiasaan masyarakat, sedangkan yang sudah biasa dilakukan di masyarakat yaitu nilai-nilai sosial dan budaya lokal maka dengan nilai-nilai sosial dan budaya lokal, diharapkan kelestarian lingkungan terjaga secara berkelanjutan.

Sedangkan Aris menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan awalan yang akan dilanjutkan dengan pelestarian lingkungan yang dibersamai mahasiswa KKN UNY tahun 2023 dan Pelatihan Mitigasi Bencana  di Desa Wisata Pulesari. Pelestarian lingkungan menjadi bagian dari mitigasi bencana berbasis Masyarakat sangat penting sehingga perlu didukung oleh berbagai pihak. “Kegiatan ini juga menjadi cikal bakal kerjasama dalam pengabdian dan penelitian UNY dan Dusun Pulesari" Papar Aris.

Diskusi aktif bersama warga setempat, pengelola, pemuda dan pamong Dukuh ditutup dengan penyerahan bibit pohon beringin secara simbolis dari Ketua Tim PkM-KKN UNY yang diterima oleh Dukuh Pulesari, Dhono Setiawan. Ketua Desa Wisata, Didik Irwanto, menyampaikan, pohon beringin sebagai tanaman untuk menjaga mata air di lingkungan desa yang memiliki banyak manfaatnya. Dengan tipologi bencana desa rentan akan tanah longsor dan gunung meletus sangat penting melakukan pelestarian lingkungan alam sebagai mitigasi bencana.

Penulis: Aris/Sari

Editor: Dedy

 

IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus