UNY Mengusung Kerja Sama Dengan Basis Pentahelix

1
min read
A- A+
read

Salah satu tujuan dari Sustainabel Development Goals (SDGs) adalah menguatkan ukuran implementasi dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan yang berkelanjutan, hal inilah yang dilakukan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan UIN Datokarama Palu (UIN Palu). Pada hari Kamis (24/3) UNY kedatangan tamu dari UIN Palu untuk melakukan kerjasama bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Pengembangan SDM, khususnya kegiatan pendampingan pengembangan prodi baru dan penelitian bersama.

Rombongan dari UIN Palu diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. yang didampingi oleh para Wakil Rektor, Ketua SPI, Kabiro UPK, Tim Pokja maupun Poknis bidang perencanaan dan kerjasama, Koord dan subkoord beserta staf. Penandatanganan Nota Kesepahaman UIN Palu, dengan UNY dilaksanakan di Ruang Antasari Hotel UNY.

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi selaku Rektor UIN Palu didampingi WR Bidang Aademik dan Pengembangan Lembaga, Direktur Pascasarjana, Kepala Biro AUPK, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dekan Fakultas Syari’ah, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dekan Fakultas Ushuluddin & Dakwah, Ketua LPM dan Ketua LP2M, mengatakan bahwa pilihan untuk kerjasama dengan UNY karena perkembangan UNY sangat pesat.

“Kami sebelumnya adalah institut, baru 8 bulan menjadi UIN. Pilihan untuk kerja sama dengan UNY ini, karena UNY ini perkembangannya sangat pesat dalam berbagai aspek, dan karena UNY pernah menjadi institut,” kata Rektor UIN Datokarama Palu. Lebih lanjut H. Sagaf mengatakan setelah menjadi UIN kami diberi mandat yang luas untuk membuka prodi-prodi dengan konsep integrasi keilmuan. Dalam hal ini UIN Datokarama Palu bermaksud memohon bimbingan dalam pengembangan prodi-prodi baru tersebut.

Sementara  itu, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. mewakili Rektor UNY mengatakan, “Bapak Rektor UNY sedang mengikuti rapat yang mendadak dan tidak bisa ditinggalkan sehingga tidak bisa membersamai kita, untuk itu mohon maaf dan titip salam untuk Bapak Rektor UIN Palu beserta rombongan, “ demikian disampaikan Margana dalam membuka sambutannya.

Selanjutnya, Margana menyampaikan bahwa UNY mengusung kerja sama dengan berbagai institusi baik pendidikan, industri, pemerintah, maupun media massa, dengan basis kerja sama penta helix. Kerjasama dengan berbagai mitra dikoordinasikan oleh Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY sekaligus yang menaungi bidang komersialisasi UNY untuk menyambut PTN BH UNY. Metamorfosis UNY dari PT Satker, ke PT BLU, dan sekarang di bawah kawalan Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama sudah disetujui dalam kurun waktu 6 bulan sudah diberi persetujuan untuk harmonisasi.

“MoU ini saya harap akan menjadi MoU yang aktif dengan implementasi berbagai kegiatan tridharma perguruan tinggi, bukan sleeping MoU,” pinta Margana. (Joy Binsoed)