UNY Raih Perak Dalam Malam Penganugerahan SNI Awards

1
min read
A- A+
read

UNY dalam Malam Penganugerahan SNI Award

Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih perak dalam malam penganugerahan SNI Awards ke-18 yang bertempat di Assembly Hall 1 & 2, Jakarta Convention Center pada Kamis (16/11). SNI Awards merupakan salah satu rangkaian acara Bulan Mutu Nasional yang mengangkat tema ‘Standarisasi untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan’. Hadir delegasi dari UNY Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes.,AIFO, selaku penanggungjawab SNI Awards di tingkat universitas.

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad mengatakan SNI Award merupakan bagian dan Upaya stimulasi peningkatan penerapan SNI sehingga diharapkan dapat mendorong produsen dan konsumen semakin menghargai aspek mutu. “SNI Award merupakan apresiasi yang diberikan oleh pemerintah Republik Indonesia kepada para pelaku usaha serta organisasi yang konsisten menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI),” ujarnya. Penerapan SNI diharapkan akan memperkuat daya saing pelaku usaha dan industry nasional dengan menerapkan best practices untuk meningkatkan efisiensi, memperbaiki kualitas dan keamanan produk yang dihasilkan sehingga membuka pasar baru, serta adanya peluang untuk mengadopsi teknologi baru guna meningkatkan volume produksi.

Prof Dr. Siswantoyo, M.Kes. mengapresiasi kinerja tim yang telah bekerja keras, bahu membahu untuk menyelesaikan penugasan sesuai standar yang telah ditetapkan. “Pencapaian UNY Kembali meningkat setelah dalam kurun waktu empat tahun terakhir berturut-turut mendapatkan perak pada tahun 2018 hingga 2021, perunggu pada 2022 dan kembali meraih perak pada tahun 2023. Capaian ini harus dipertahankan dan jika dimungkinkan akan naik menjadi emas pada tahun mendatang (2024)” harapnya.

Dalam acara tersebut terdapat 61 organisasi yang berhasil meraih SNI Awards pada tahun ini dengan 12 (dua belas) kategori yang berbeda-beda. UNY merupakan peraih penghargaan untuk kategori Organisasi Pendidikan pada usulan pendidikan tinggi. Hasil pencapaian ini menjadi tolok ukur keberhasilan UNY di masa mendatang, karena dalam poin utama penjurian terdapat komitmen pelaksanaan Environmental, Social and Governance (ESG). Sehingga UNY diharapkan dapat menerapkan standarisasi penilaian kesesuaian mewujudkan organisasi yang unggul dan berkelanjutan.

SNI Awards merupakan salah satu program unggulan Staf Ahli Implementasi Kerjasama, Publikasi, dan Hibah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Penulis: Faqih Ma'arif

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat