UNY Siap Menerima Mahasiswa Baru Tahun 2024

2
min read
A- A+
read

Suasana UTBK di UNY

Universitas Negeri Yogyakarta siap melaksanakan penerimaan mahasiswa baru tahun 2024. Merujuk pada siaran pers yang dilakukan Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) terdapat tiga jalur masuk, yaitu Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri. Menurut Ketua Umum Tim Penanggungjawab SNPMB Prof. Ganefri terdapat tiga perubahan pada SNPMB tahun ini yaitu siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar SNBT 2024. Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 juga tidak dapat mendaftar seleksi jalur Mandiri di PTN manapun. Untuk SNBP setiap siswa dapat memilih 2 (dua) program studi dari satu PTN atau dua PTN. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

Peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN manapun. Perubahan lainnya tahun ini siswa SNBT memiliki kesempatan untuk memilih hingga empat prodi yang berbeda. Setiap peserta bebas memilih program studi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN. Setiap peserta diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi yang terdiri dari 2 (dua) pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 (dua) pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan). “Diharapkan peserta bijak dalam mengisi pilihan prodi, pilihlah prodi sesuai minat dan bakatnya, bukan sekadar coba-coba” ujar Ganefri. Dikatakannya bahwa semangat dari seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru ini adalah akuntabel, transparansi, dan berkeadilan.

Pelaksana Tugas Dirjen Diktiristek Prof. Nizam menjelaskan, perubahan ini dilakukan untuk perbaikan sistem seleksi dari tahun sebelumnya. Selain itu, juga untuk menyeleraskan dengan transformasi pendidikan. “Kita berusaha setiap tahun ada perbaikan, ada peningkatan. Di samping juga untuk mengakomodasi berbagai macam dinamika perubahan di sistem pendidikan,” kata Prof. Nizam. Prinsip utama dalam SNPMB adalah memberikan layanan yang makin baik pada calon mahasiswa sekaligus membangun sistem yang berkeadilan, transparan, akuntabel, efektif dan efisien bagi semua pihak, serta mengeliminasi hal yang selama ini dirasa belum baik. Sebelumnya, terkadang calon mahasiswa yang lolos di salah satu prodi melalui jalur tertentu di suatu PTN ikut kembali seleksi di jalur berikutnya karena belum mantap di pilihannya. Hal ini dapat merugikan perguruan tinggi dan peserta lain yang tertutup kesempatannya untuk masuk di prodi tersebut. Pada tahun ini juga mendorong pengembangan pendidikan vokasi sehingga kesempatan untuk memilih di program vokasi diperluas dengan adanya hingga empat pilihan.

Kepala Unit Admisi UNY Dr. Setya Raharja mengatakan bahwa UNY siap menerima calon mahasiswa baru tahun 2024 melalui jalur SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri. “Daya tampung mahasiswa UNY tahun 2024 dari jalur SNBP, SNBT maupun Seleksi Mandiri baik dari jenjang S1 maupun D4 secara keseluruhan lebih dari 6000 orang” papar Setya Raharja, Minggu (10/12). Berdasarkan data pada tahun 2023 peminat tertinggi untuk studi lanjut jenjang S1 di UNY dari ketiga jalur ada pada prodi Manajemen yang diminati oleh 13.762 siswa dan diterima 459 siswa. Sedangkan keketatan persaingan tertinggi ada pada prodi Teknologi Informasi dimana satu kursi diperebutkan oleh 79 calon mahasiswa. Peminat prodi Teknologi Informasi tercatat 6.327 siswa dan diterima 81 siswa.

Pelaksanaan SNPMB Tahun 2024 diawali dengan Registrasi Akun SNPMB pada Portal SNPMB (https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id). Pendaftar wajib memiliki akun SNPMB melalui Single Sign On (SSO) mulai kegiatan pengisian PDSS, Pendaftaran SNBP, hingga Pendaftaran UTBK-SNBT. Pendaftar SNPMB Tahun 2024 dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Informasi detail KIP Kuliah di Kemendikbudristek di https://puslapdik.kemdikbud.go.id dan informasi detail KIP Kuliah di Kemenag di https://kip-kuliah.kemenag.go.id.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM
IKU