Seminar Kewirausahaan, Kerjasama KMSP UNY dan Mata Garuda

1
min read
A- A+
read

Seminar kewirausahaan

Suatu negara dapat dikatakan makmur apabila 2% warga negaranya menjadi wirausahawan yang handal. Oleh karenanya, Keluarga Mahasiswa Sekolah Pascasarjana (KMSP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bekerja sama dengan Mata Garuda DIY menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan dengan tema “Strategi Sukses mengembangkan Ide Bisnis dan Proposal Bisnis” pada hari senin, 22 Mei 2023 pukul 13.00 WIB di Gedung Imam Barnadib Lt. 7. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha generasi muda sekaligus mensosialisasikan kegiatan lomba bisnis yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yaitu 5ME2045: LPDP Business Competition.

Kegiatan seminar ini diawali dengan video sambutan dari Ketua Mata Garuda Pusat dan Video sambutan Pak Andin (Direktur Utama LPDP),kemudian dilanjutkan sambutan oleh Direktur Sekolah Pascasarjana (yang diwakili oleh Dr. Amat Jaedun) dan sambutan dari Ibu Sheria Betania (Kasubag Penyaluran alumni LPDP). Kegiatan Seminar Kewirausahaan ini diharapkan dapat mendorong peserta untuk menggali dan mengembangkan ide bisinis yang nantinya bisa diikutkan dalam kegiatan 5ME2045: LPDP Business Competition. Oleh karenanya, tim LPDP pusat juga turut hadir untuk mensosialisasikan alur lomba tersebut.  Pada sesi ini peserta darahkan dan dipandu langsung untuk melakukan registrasi LPDP Business Competition yang dipandu langsung oleh PIC LPDP.

Acara dilanjutkan dengan acara inti penyampaian materi dari para narasumber yaitu Taufiq Hidayat S.Kom,. MBA. (CEO Jogja Translator) dan Alfan Helmidamara, S.Pt. (SEO Specialist at RWS Group UK & Talentvis Pte. Ltd Singapura). Materi yang disajikan oleh narasumber dibagi menjadi 2 topik penting yaitu  tentang cara menyusun proposal bisnis dan mengembangkan ide bisnis. Seminar ini melibatkan para peserta secara interaktif untuk diskusi tanya jawab kepada pemateri. Tak lupa juga pemateri menyampaikan tips dan trik yang bisa dilakukan oleh para peserta agar sukses berwirausaha.

Seminar kewirausahaan ini dihadiri sebanyak 105 orang peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa dan umum. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan seminar ini. Setelah mengikuti seminar ini diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti LPDP Business Competition. Sehingga kegiatan ini dapat berdampak terhadap lahirnya para enterprenur muda yang mampu berkontribusi teradap perbaikan ekonomi menyongsong Indonesia Emas 2045. 

Penulis: Nurokhmah/ant

Editor: Dedy

 

MBKM