Workshop Persiapan Anugerah Humas

1
min read
A- A+
read

Yayat Hendrayana

Tahun 2022 UNY meraih 11 awards dalam Anugerah Ristekdikti pada klaster BLU. Tahun ini persaingan makin berat karena UNY masuk pada klasterisasi PTN BH. Manfaat anugerah ini  untuk memperkenalkan institusi, program, dan produk PTN, PTS, LLDikti, mitra, jurnalis dan media, serta pemandu kepentingan lain. Juga untuk meningkatkan publisitas dan citra positif program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi sekaligus mendorong penguatan unit masing-masing bidang yang dilombakan. Hal ini dikatakan Koordinator Humas Dan Kerjasama Ditjen Diktiristek Yayat Hendrayana, M.Si dalam workshop persiapan anugerah humas di Hotel UNY, Selasa (4/7). Menurutnya cikal bakal anugerah diktiristek adalah dari anugerah humas.  “Untuk anugerah humas yang terpenting adalah tingkatkan literasi, bisa IKU, MBKM, mathing fund Kedaireka yang bertema transfrmasi perguruan tinggi serta memperhatikan detilnya” katanya. Yayat meminta pada perguruan tinggi agar dapat memvisualisasikan, mendeskripsikan, membuat analisis singkat, mengevaluasi dan menyusun tindak lanjut perbaikan. Tidak lupa selalu memperhatikan lini masa. Untuk Anugerah kerjasama kriterianya kerjasama internasional terbaik, kerjasama dengan industri terbaik dan pengelolaan laporan kerjasama terbaik.

Workshop ini diinisasi oleh Direktorat Kerjasama Sistem Informasi dan Usaha UNY dan diikuti oleh para direktur, kasubdit, kepala layanan dan humas di lingkungan UNY. Kegiatan dibuka Wakil Rektor Bidang Umum Sumberdaya UNY selaku Plh. Wakil Rektor Bidang Riset Kerjasama Sistem Informasi dan Usaha, Prof. Edi Purwanta. Wakil Rektor berharap agar kelemahan tahun lalu dievaluasi untuk pembenahan di tahun ini. “Karena sudah PTN BH maka naik level. Anugerah ini berujung pada harga diri sebagai perguruan tinggi, untuk itu UNY sangat mendorong kegiatan ini” kata Edi Purwanta. Tidak hanya bidang humas tapi juga di bidang lain seperti kerjasama. Belajar dari pengalaman yg lampau sehingga dapat naik peringkat, sehingga bisa terkenal dan diperhitungkan di tingkat nasional dan internasional.

Anugerah Diktiristek memberikan sejumlah penghargaan seperti Anugerah Humas, Anugerah Kerja Sama, Anugerah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Anugerah Sumber Daya, Anugerah Kelembagaan, Anugerah Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Anugerah Prioritas Nasional, Anugerah Mitra Kerja Sama Pendukung Program Diktiristek, serta Anugerah Jurnalis dan Media.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus