7-MINUTE PRESENTATION FOR THESIS COMPETITION

1
min read
A- A+
read
7-MINUTE PRESENTATION FOR THESIS COMPETITION

KMP UNY menggelar Kegiatan 7-Minute Presentation for Thesis Competition yang merupakan inisiasi dari Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta untuk memberikan suatu wadah kegiatan akademik untuk dapat mengembangkan kemampuan menulis karya ilmiah dan dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil karyanya di depan publik yang didedikasikan untuk mahasiswa program magister dan doktoral Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan kolaborasi antara Keluarga Mahasiswa Pascasarja (KMP) UNY dengan pihak Pascasarjana UNY ini mengusung tema ”The Role of Scholars in Developing Indonesia through Research”. Kompetisi ini mewajibkan para peserta untuk mempresentasikan karya tulis ilmiah mahasiswa yang berbentuk Thesis Proposal mereka selama 7 menit dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Rudhi Handoko, selaku ketua pelaksana kegiatan ini menjelaskan bahwa salah satu tujuan dari pelaksanaan lomba ini adalah untuk mengasah mental dan mengembangkan kemampuan public speaking mahasiswa pascasarajana UNY, sebelum mereka melaksanakan ujian tesis atau ujian disertasi terbuka yang sesungguhnya. Rudhi berharap mahasiswa Pascasarjana UNY dapat menyalurkan potensi atau ide-ide orisinalitasnya dalam ranah karya tulis ilmiah yang mengedepankan kemajuan ilmu pengetahuan untuk peradaban bangsa Indonesia yang maju di masa depan. Tercatat 22 peserta yang mengikuti lomba ini didominasi oleh program studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris dan Linguistik Terapan, serta perwakilan-perwakilan dari program studi lainnya, seperti Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Fisika, Ilmu Keolahragaan, Teknologi Pembelajaran, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2 dan S3), Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Fisika, dan Psikologi, ujar Rudhi.

Rudhi menambahkan bahwa 7-Minute Presentation for Thesis Competition ini merupakan ajang yang cukup bergengsi bagi para mahasiswa pascasarjana UNY, karena kompetisi ini menjadi suatu ajang untuk mengaktualisasikan kemampuan mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris di depan umum yang mempresentasikan hasil karya ilmiahnya. Kompetisi ini sekaligus juga menjadi suatu ajang untuk mengembangkan critical thinking para mahasiswa dalam menyusun tugas akhir mereka berbentuk tesis dan disertasi yang berlandaskan pada etika penulisan karya ilmiah yang standar, dan secara tidak langsung melatih keberanian mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris, terutama bagi mahasiswa yang bukan berlatar belakang Pendidikan Bahasa Inggris.

Terdapat 10 kriteria penilaian dewan juri yang terdiri dari 3 juri untuk lomba ini, dan salah satu yang menjadi faktor penilaian dewan juri adalah para peserta menyajikan konten yang berkualitas dan penguasaan materi yang bagus, menarik perhatian para audiens, serta interaktif saat presentasi. Hasil dari kegiatan ini antara lain Indah Permatasari (Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris) berhasil menjadi juara pertama kemudian Irham Baskoro (Prodi S2 Pendidikan Matematika) dan Naseer Ahmed (Prodi S2 Pendidikan Kimia) sebagai juara kedua dan ketiga pada acara ini.